5 Kiat Makan Sehat Untuk Ibu Baru

By Ipoel , Senin, 4 Mei 2015 | 09:00 WIB
5 Kiat Makan Sehat Untuk Ibu Baru (Ipoel )

Tabloid-Nakita.com - Sebagian besar ibu lebih fokus memikirkan perawatan bayi ketimbang dirinya sendiri. Asupan nutrisi si kecil seolah lebih utama daripada Mama. Padahal, ibu yang sehat akan memberikan perawatan terbaik untuk si kecil. Yuk, jaga pola makan sehat agar ibu tetap prima saat menyusui dan merawat bayi. Berikut 5 kiat makan sehat untuk ibu baru: 

Tip #1 Makanlah setiap 2-3 jam sekali.

Jangan lupa makan! Kesibukan mengurus si kecil sering membuat para ibu sering melupakan jam makan mereka. Untuk menjaga energi tetap stabil, Anda perlu asupan makanan yang cukup dan teratur.

Tip #2 Siapkan camilan sehat.

Butuh sesuatu untuk dikunyah? Daripada membuka bungkus keripik kentang atau kue, lebih baik persiapkan camilan-camilan sehat di kulkas Anda, seperti buah, kacang almond, atau cokelat hitam.

Tip #3 Buat minuman bernutrisi.

Tidak punya waktu banyak? Membuat jus atau smoothie merupakan cara terbaik untuk mendapatkan banyak nutrisi secara cepat. Coba buatlah jus atau smoothie dari campuran buah dan sayuran.

Tip #4 Masak versi double.

Jika Anda sedang memasak makanan sehat nan lezat, buatlah 2-3 porsi lebih banyak sehingga Anda bisa simpan dan memanaskannya kelak. Ketika Anda belum sempat belanja atau masak, ‘makanan darurat’ ini bisa menghidari Anda untuk segera memesan junk food atau makanan tidak sehat lainnya.

Tip #5 Minum suplemen jika perlu.

Banyak vitamin yang lebih mudah diserap jika Anda mendapatkannya dari makanan ketimbang pil. Tapi mungkin saja Anda membutuhkan nutrisi tambahan dengan cara mengonsumsi suplemen. Jadi konsultasikan dulu dengan dokter mengenai suplemen apa saja yang cocok dengan Anda. Suplemen minyak ikan yang kaya akan vitamin D dan omega-3 adalah kebutuhan utama yang ibu baru butuhkan.