5 Tip Makan Sehat Untuk Ibu Baru

By Ipoel , Sabtu, 7 November 2015 | 04:00 WIB
5 Tip Makan Sehat Untuk Ibu Baru (Ipoel )

Tabloid-Nakita.com - Kelelahan mengurus bayi membuat ibu baru harus mendapatkan asupan nutrisi bergizi. Ingat, untuk memberikan perawatan terbaik untuk anak, ibu harus sehat. Berikut 5 tip makan sehat untuk ibu baru :

Tip #1 Hindari makanan olahan.

Untuk bisa siap menghadapi kombinasi kekurangan tidur dan merawat bayi, Anda memerlukan makan tinggi energi. Dan asupan terbaik yang bisa memberikan Anda energi tinggi adalah makanan tidak diolah yang kaya akan vitamin, mineral dan antioksidan. Coba isi tubuh Anda dengan sayuran, buah, gandum utuh, kedelai atau produk olahan susu rendah lemak, dan protein tanpa lemak. Anda bisa mencoba menumis sayuran, membuat salad sayur dengan tahu atau ayam panggang. Butuh camilan: yogurt rendah lemak dengan potongan stroberi tinggi serat bisa menjadi pilihan yang lezat.

Tip #2 Hindari garam dan gula.

Mengapa? Sebab makanan manis atau gula hanya memberikan Anda suntikan energi sebentar dan membuat Anda terus menginginkannya lagi dan lagi. Sedangkan garam akan meningkatkan tekanan darah dan membuat Anda dehidrasi.

Tip #3 Minum sembilan gelas air putih setiap hari.

Kekurang jam tidur akan membuat tubuh dehidrasi seperti layaknya Anda tidak minum air yang cukup. Bosan dengan air putih? Anda bisa menggantinya dengan jus semangka atau air kelapa muda. Kedua minuman ini bisa menghidrasi dan mengganti elektrolit dalam tubuh. Buah dan sayuran dengan kandungan air tinggi juga bisa membantu menghidrasi tubuh Anda, seperti jeruk, beri-berian, timun, dan seledri.

Tip #4 Jangan takut dengan lemak.

Lemak baik maksudnya. Terutama jika Anda menyusui, sangat penting untuk memasukan lemak baik dalam asupan lemak harian Anda. Isi kulkas dengan avokad, salmon, dan makanan tinggi omega-3 lainnya.

Tip #5 Siapkan makan untuk seminggu.

Jika Anda memiliki waktu atau bantuan lebih pada akhir pekan, inilah waktu yang tepat untuk memasak beberapa makan yang tahan lama dan bisa dikonsumsi selama seminggu ke depan. Sehingga Anda tidak memerlukan banyak waktu untuk memikirkan dan membuat makan setiap hari. Cukup racik atau hangatkan sebentar, dan makanan pun siap disajikan.