4 Hal Mengejutkan Tentang Bayi

By Ipoel , Minggu, 13 September 2015 | 06:00 WIB
4 Hal Mengejutkan Tentang Bayi (Ipoel )

Tabloid-Nakita.com - Berapa pun pintarnya Mama, berapa banyak literatur kesehatan dan parenting yang sudah dibaca, juga seminar kesehatan yang diikuti, tetap saja kadang tergagap-gagap dan terkejut saat menghadapi si malaikat kecil. Banyak hal mengejutkan tentang bayi bagi calon ibu baru. Berikut 4 di antaranya:

Kejutan #1 Tidak memiliki waktu untuk hal lain selain bayi.

Menjadi seorang ibu adalah pekerjaan 24 jam tanpa berhenti, tanpa cuti, tanpa uang lembur, tanpa gaji, dan tanpa hari libur.  Jangankan memikirkan orang lain, memiliki waktu untuk diri sendiri saja sulit diwujudkan. Sepertinya hari-hari Anda hanya dipenuhi dengan urusan bayi dan pekerjaan rumah tangga saja.

Atasi dengan...Ketika Anda merasa semua waktu me time Anda terserap semua, maka saatnya Anda duduk dengan pasangan untuk membuat daftar pembagian kerja bersama. Coba buatlah daftar ini sebelum si kecil tiba di rumah dan bertanggung jawablah dengan patuhi segala aturan yang ada. Mungkin ini terkesan lebih mudah dikatakan ketimbang dilakukan, untuk itu biasakan untuk melakukan beberapa hal terlebih dulu, sehingga ketika si kecil datang itu sudah menjadi sebuah kebiasaan.

Kejutan #2 Tidak selalu tahu arti dari tangisan si bayi.

Digendong salah, ditaruh di boks bayi juga salah. Nangis si kecil malah makin kencang. Anda pun bingung apa yang terjadi? Kondisi bisa diperparah jika Anda adalah seorang ibu baru tanpa dampingan siapapun. Mungkin Anda akan merasa tak berdaya ketika melihat si kecil menangis tanpa tahu apa sebabnya. Dan biasanya ini Anda harus menghabiskan waktu beberapa bulan untuk bisa tahu jenis-jenis tangisan si kecil.

Atasi dengan...Meski kadang membuat Anda frustasi dan emosi ketika mencoba mencari cara untuk menenangkan si kecil yang mengangis, tapi berita bagusnya Anda akan belajar untuk tahu lebih banyak tentang si kecil karena Anda menghabiskan banyak waktu bersamanya. Tapi untuk kondisi darurat, Anda bisa membaca petunjuk ini: Perhatikan cara si kecil menanggis. Menanggis dengan nada rendah menandakan mereka lapar, dan menanggis dengan nada tinggi menandakan mereka sedang sakit. Apabila tangisannya memiliki intensitas yang tinggi itu artinya mereka letih. Dan jika bosan biasanya tangsisan mereka seperti orang merengek.

 

Kejutan #3 Bayi tidak bisa membedakan siang dan malam.

Para ibu baru biasanya tidak menyadari kalau banyak bayi baru lahir tidak bisa membedakan siang dan malam pada hari-hari awal. Mungkin dulu Anda berpikir para orang tua baru merasa lelah karena si bayi bangun dan makan pada malam hari, padahal kenyataannya tidak. Ini terjadi karena si bayi memang belum bisa membedakan waktu yang ada di sekitar mereka.

Atasi dengan...Situasi ini akan terjadi dalam beberapa bulan, jadi cobalah untuk bersabar. Tapi Anda bisa mencoba trik ini: Bawa si kecil keluar rumah setidaknya 1 jam setiap hari, situasi baru akan menstimulasi mereka. Ketika malam tiba, hindari  stimulasi apapun artinya tidak ada lampu, tidak ada lagu ‘nina bobo’ dan tidak ada suara. Trik ini akan mengajarkan si kecil tentang adanya perbedaan waktu.

Kejutan #4 Bayi kolik.

Si kecil menangis tanpa sebab sepanjang malam? Mungkin si kecil mengalami kolik. Kondisi ini dialami hampir 20% bayi. Meski penyebabnya belum pasti, tapi biasanya kolik dihubungan dengan masalah sistem pencernaan bayi yang belum sempurna. Biasa kolik terjadi saat malam hari.

Atasi dengan...Kondisi ini tidak berbahaya. Kuncinya, Anda harus tenang. Kepanikan Anda bisa dirasakan si kecil dan membuatnya menjadi lebih rewel. Ciptakan suasana aman dan nyaman dengan menggendong dan mendekapnya di dada Anda. (AA)