Perkembangan Bayi Minggu Keempat

By Ipoel , Minggu, 13 September 2015 | 00:00 WIB
Perkembangan Bayi Minggu Keempat (Ipoel )

Tabloid-Nakita.com - Ingin tahu bagaimana kebolehan si kecil menginjak usia 1 bulan. Berikut perkembangan bayi minggu keempat :

Menggapai.

Tangan bayi sekarang sudah hampir sepenuhnya terbuka dan siap menggapai ‘dunia’ baru mereka. Pada hari-hari awal, menggenggam adalah hal reflek yang paling utama dilakukan si kecil. Meski bayi belum bisa menggapai benda dengan baik, tapi mereka sudah dapat memegang sesuatu di tangan mereka. Ketika mereka berhasil memegang sesuatu di tangan mereka, maka akan sulit bagi si kecil untuk melepaskannya. Karena kini bayi suka mencoba dan memukul benda, jadi jauhkan segala barang-barang yang berpotensi bahaya dari jangkauan anak Anda.

Proses belajar dimulai.

Mungkin Anda melihat si kecil bersikap tenang dan waspada. Inilah merupakan waktu terbaik untuk belajar. Otak bayi akan bertumbuh lima sentimeter selama tiga bulan awal kehidupan mereka. Gunakan pendekatan yang tenang untuk mengenal anak Anda lebih baik lagi, seperti berbicara denganya, bernyanyi untuknya, atau menjabarkan gambar yang ada di dinding. Walaupun si kecil belum bisa ikut serta dalam percakapan Anda, tapi proses belajar tetap berjalan.

Merasakan tekstur baru di tangan mereka, melihat pemandangan baru, atau mendengarkan suara baru merupakan kesempatan belajar untuk bayi. Bahkan proses mandi pun bisa menjadi tempat penelitian untuk mereka belajar banyak hal.

Mata bisa mengikuti objek.

Indera pengelihatan si kecil kini sudah mampu mengikuti pergerakan benda secara konsisten dan baik. Anak Anda dapat mengikuti benda yang bergerak lebih baik, dan ini merupakan sesuatu yang si kecil belum bisa lakukan beberapa waktu yang  lalu.

Tidak perlu membeli mainan bayi terlebih dulu, coba gunakan benda-benda yang ada di rumah saja. Arahkan sendok plastik dengan warna cerah secara horizontal di depan si kecil, lalu coba gerakan ke arah atas dan bawah. Kegiatan ini mampu menarik perhatian si kecil. Bayi belum bisa mengikuti gerakan vertical secara lancar hingga usia tiga bulan, dan gerakan diagonal hingga usia enam bulan. (AA)