Tip Mengobati Batuk Pada Bayi dan Tanda yang Perlu Diwaspadai

By Ipoel , Selasa, 19 September 2017 | 09:00 WIB
Cara Mengatasi Batuk Pada Bayi (Ipoel )

Nakita.id - Orangtua mana yang senang melihat anak kesayangan mereka sakit. Meskipun sudah dijaga semaksimal mungkin, tapi terkadang masih saja bisa kecolongan. Salah satu penyakit yang paling sering dan mudah menyerang si kecil adalah batuk.

Jangan pernah anggap remeh keluhan batuk pada si kecil. Sebab batuk bisa menjadi sinyal terjadinya penyakit yang serius. Jika dibiarkan, batuk bisa picu masalah kesehatan yang serius. Untuk mengatasi batuk pada bayi, Ibu dapat melakukan hal berikut:

(Baca juga : 4 Jenis Batuk pada Bayi, Kenali Bedanya)

1. Susui si kecil sesuai dengan kebutuhannya (on demand). Ingat, ASI mengandung komponen yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh si kecil.

Bagi anak diatas 1 tahun, berikan air putih yang banyak, hindari pemberian jus buah atau minuman bersoda karena dapat menimbulkan iritasi pada tenggorokanya yang sedang sakit.

2. Agar si kecil nyaman, oleskan minyak telon atau kayu putih agar tubuhnya hangat. Untuk menambah kenyamanan bernapas, tidurkan si kecil dengan bantal kepala yang lebih tinggi.

Untuk mengencerkan kekentalan lendir pada hidung, bunda dapat meneteskan larutan saline (garam steril) yang dapat diperoleh di apotek terdekat.

Lalu, amankah memberikan obat batuk pada anak? Meski hanya flu biasa, biasakan untuk bertanya dulu pada dokter anak sebelum memberikan si kecil obat.

(Baca juga : Jangan Sepelekan Batuk Pilek Pada Bayi)

Kebanyakan dokter akan mencegah pemberian obat pada anak yang masih kecil. Bahkan untuk anak usia 4-6 tahun, pengunaan obat hanya diperbolehkan sesuai rekomendasi dokter.

Saat menginjak usia 6 tahun, Ibu bisa memberikan anak obat yang ada di apotek. Tapi, pastikan obat yang dikonsumsi cocok untuk usia mereka dan berikan dosis obat sesuai petunjuk pemakaian.

Ingat, jangan berikan lebih dari satu jenis obat batuk atau flu sekaligus pada anak. Sebab terkadang mengandung beberapa bahan yang sama, dan Ibu tidak ingin memberikan si kecil dosis ganda kan?

Lalu, sebenarnya kapankah waktu paling tepat untuk pergi ke dokter? Secara umum, segeralah ke dokter jika:

(Baca juga : Cara Redakan Batuk Bayi Pada Malam Hari)