Kejutan Untuk Ibu Baru : Menyusui Tidak Selalu Mudah

By Ipoel , Minggu, 5 Juli 2015 | 00:00 WIB
Kejutan Untuk Ibu Baru : Menyusui Tidak Selalu Mudah (Ipoel )

Tabloid-Nakita.com -  Sebesar apa pun persiapan calon ibu baru menghadapi si kecil, tantangan selalu siap menghadang. Salah satunya menyusui tidak selalu mudah:

Bisa memberikan ASI eksklusif dengan lancar pada anak adalah dambaan semua ibu baru. Sayangnya, tidak semua orang diberkahi kemudahan yang sama. Tak jarang menyusui bisa menjadi hal tersulit yang harus dilakukan ibu, dan kondisi ini akan membuat Anda menjadi stres, frustasi, atau bahkan membuat Anda menangis. Belum lagi jika posisi menyusui yang tidak pas, ini akan menjadi proses yang menyakitkan bagi kaum ibu.

Atasi dengan:

Jangan terus-menerus menyalahkan diri sendiri ketika ASI tidak bisa langsung keluar. Seperti yang mungkin Anda sudah pernah dengar, ASI tidak selalu datang secara alami ada faktor-faktor lain yang mempengaruhinya juga. Seperti posisi bayi yang tidak pas saat menyusui, payudara Anda sulit meningkatkan pasokan susu, dan masih ada faktor-faktor potensial lainnya. Dan ini normal terjadi. Sebelum Anda pergi ke kamar mandi untuk menangis, pastikan dulu Anda sudah membaca segala alternatif solusi untuk mengatasi masalah menyusui Anda.Anda juga perlu menyadari bahwa Anda tidak sendiri. Bergabunglah dengan komunitas ibu-ibu menyusui, selain akan mendapatkan informasi berharga, Anda juga bisa mendapatkan ‘kekuatan’ baru dari para ibu yang senasib dengan Anda. Bila perlu, Mama bisa berkonsultasi dengan pakar laktasi.