Mengenal Aneka Jenis Gendongan

By Ipoel , Jumat, 11 September 2015 | 10:00 WIB
Mengenal Aneka Jenis Gendongan (Ipoel )

Tabloid-Nakita.com - Saat bepergian bersama bayi, gendongan adalah barang wajib yang harus dibawa oleh para ibu. Tak hanya mempermudah mobilitas Anda selama bepergian, kehadiran gendongan juga dipercaya mampu menjaga mood si kecil.

Usai pada artikel sebelumnya Anda sudah mengetahui tip aman menggunakan gendongan, sekarang Anda juga perlu tahu jenis-jenis gendongan apa saja yang dijual di pasaran. Kemudian ketahui juga kelebihan dan kekurangan dari masing-masing gendongan untuk bisa menentukan mana yang cocok untuk Anda. Berikut aneka jenis gendongan beserta kelebihan dan kekurangannya: 

Jenis #1 Kain selendang.

Gendongan tradisional ini sangat cocok digunakan untuk bayi hingga usia 2 tahun. Meski terkesan ringkih, gendong jenis ini tergolong kuat dan sangat nyaman dipakai. Cara menggunakannya pun sangat mudah hanya perlu membuat simpul di salah pundak Anda. Sayangnya, metode ini terkadang membuat Anda cepat lelah dan merasa pegal karena pembagian beban yang tidak merata. Plus, jika Anda belum terbiasa menyimpulkannya maka gendongan akan mudah lepas dan tidak kencang, sehingga bayi pun akan merasa tidak nyaman. Karena bentuknya yang tipis, gendongan jenis ini menjadi sangat praktis dibawa dan mudah dibersihkan.

Jenis #2 Tipe ransel.

Pas digunakan saat si kecil sudah bisa duduk sendiri. Gendongan ini mampu menahan beban hingga 15 kilogram. Karena bentuknya yang mirip tas ransel, maka pembagian bebannya pun merata. Biasanya gendongan jenis ini dilengkapi dengan penyangga yang memungkinkan Anda meletakkan si kecil dan memasangkan sabuk pengamannya terlebih dulu sebelum Anda gunakan. Kekurangannya, gendongan ini berukuran cukup besar dan kaku sehingga akan memakan banyak  tempat saat membawanya.  Plus, tidak cocok digunakan oleh para ibu dan ayah yang bertubuh kecil.

Jenis #3 Gendongan depan.

Untuk Anda yang sulit mengenakan gendongan kain,  jenis ini bisa jadi solusi buat Anda. Selain mudah mengoperasikannya (cukup mengunci ikatan), gendongan jenis ini juga bisa mendistribusikan beban secara merata. Tidak seperti gendongan kain yang hanya menitik beratkan pada satu sisi saja.

Gendongan ini cocok untuk bayi dengan bobot hingga 11 kg. Bahan yang digunakannya pun lembut dan nyaman. Selain bisa menggendong bayi menghadap ke depan, jenis ini juga bisa dipakai bayi menghadap belakang. Posisi ini sangat berguna saat Anda ingin menyusui si kecil. Bentuknya yang seperti ransel di depan juga membuat mobilitas tangan Anda lebih leluasa. (AA)