Kapan Membawa Bayi Ke Dokter Gigi?

By Santi Hartono, Rabu, 15 April 2015 | 00:00 WIB
Kapan Membawa Bayi Ke Dokter Gigi? (Santi Hartono)

Tabloid-nakita.com – Setelah gigi si kecil tumbuh, kapan membawa bayi ke dokter gigi? Para pakar merekomendasikan agar Mama mulai membawa anak Mama ke dokter gigi enam bulan setelah gigi pertamanya tumbuh atau pada ulang tahunnya yang pertama, yang mana pun yang datang lebih dulu.

  Sementara itu, setiap Mama membawa si kecil untuk diperiksa kesehatannya oleh dokter ataupun bidan, ada baiknya Mama meminta mereka untuk melihat kondisi giginya (jika giginya sudah tumbuh) dan mengoleskan fluoride varnish setiap tiga sampai enam bulan, tergantung besar-kecilnya risiko bayi Mama memiliki karies gigi. Yang termasuk dalam faktor risiko adanya karies gigi pada bayi adalah anggota keluarga yang memiliki karies serta kesehatan gigi Mama yang buruk saat hamil. 

   Bila sudah tiba waktunya untuk Mama membawa si kecil ke dokter gigi, pastikan untuk memberi tahu dokter gigi Mama perawatan fluoride apa saja yang telah diterima bayi Mama sebelumnya.

   Selain menjaga kesehatan gigi dengan menyikat serta membawanya ke dokter gigi, Mama juga sebaiknya menjaga dan mengetahui makanan apa saja yang bisa menimbulkan kerusakan pada gigi bayi.

  Makanan manis (seperti buah, buah kering, jus, selai kacang, dan jelly) serta yang mengandung pati (seperti roti, biskuit, pasta, dan pretzel) bisa membuat gigi anak Mama memiliki karies.

  Jika Mama ingin memberikan makanan tersebut di atas, sajikanlah saat makan besar saja, dan bukan dengan menjadikannya camilan sehingga makanan-makanan itu cenderung cepat hilang dari mulut dan tidak akan berlama-lama di gigi anak Mama. Jangan lupa untuk memberi anak Mama air putih setelah makan.

  Kiat lainnya adalah hindari menidurkan bayi Mama dengan bantuan sebotol susu, jus, atau minuman manis lainnya. Cairan ini bisa memberi makan bakteri di mulut yang hanya akan menimbulkan kerusakan pada gigi.