Mama Sakit Tetap Boleh Menyusui

By Santi Hartono, Jumat, 2 Oktober 2015 | 00:40 WIB
Mama Sakit Tetap Boleh Menyusui (Santi Hartono)

Tabloid-nakita.com – Mama yang kelelahan karena harus mengurusi bayi adakalanya kondisi kesehatannya menurun dan akibatnya penyakit pun akan dengan lebih mudah menyerang tubuh Mama. Jika hal itu terjadi, Mama yang menyusui akan dilanda kegalauan soal boleh-tidaknya menyusui si kecil. Sebenarnya apakah mama sakit tetap boleh menyusui ?

      Dalam banyak kondisi, jawabannya ya, Mama boleh menyusui bayi Mama meski Mama sedang sakit. Jika Mama tengah menderita pilek, flu, atau flu perut—bahkan seandainya Mama terkena demam sekali pun—Mama masih boleh kok menyusui si kecil. Selain itu, infeksi umum lainnya yang tidak menimbulkan masalah untuk Mama tetap menyusui si kecil adalah infeksi saluran kencing, infeksi kecil pada kulit yang tidak berada di area payudara, dan infeksi di mulut (misalnya gigi berlubang).

Mama sebenarnya mungkin sudah memaparkan penyakit Mama kepada bayi Mama sehari sebelum tubuh Mama mulai menunjukkan gejala sakit. Dan karena tubuh Mama tengah meningkatkan respon kekebalan, Mama juga memberikan si kecil zat antibodi yang akan membantunya melawan penyakit itu, sekaligus melindungnya, lewat ASI.  

      Jika Mama mengalami demam selama lebih dari tiga hari, yang terbaik adalah mengunjungi dokter untuk mendapatkan perawatan yang Mama butuhkan agar kondisi Mama segera membaik. Jika ternyata Mama memiliki infeksi yang disebabkan oleh bakteri dan memerlukan antibiotik, pastikan untuk meminta kepada dokter meresepkan antibiotik yang aman untuk ASI si kecil.

      Jika satu-satunya pilihan yang Mama punya adalah mendapatkan pengobatan yang membuat Mama tidak bisa menyusui, Mama bisa memompa dan membuang ASI Mama selama Mama mengonsumsi obat tersebut. Hal ini akan membuat cadangan ASI di tubuh Mama tetap terjaga, dan sementara itu berikan si kecil ASI yang sudah Mama simpan sebelumnya.

      Jika Mama menderita infeksi yang serius—misalnya, cacar air, flu babi, TBC, atau infeksi herpes di payudara—Mama masih bisa menyusui si kecil, tapi tentunya dengan seizin dokter Mama. Mintalah saran yang spesifik dari dokter atau dokter anak Mama apakah hal itu baik untuk dilakukan, bagi Mama maupun bayi Mama.

Saat sakit, ingatlah untuk meminum banyak cairan. Semakin banyak air yang Mama minum, semakin banyak cadangan ASI yang Mama miliki dan tubuh Mama pun akan semakin kuat. Jangan lupa untuk selalu mencuci tangan sebelum Mama menggendong bayi dan sebelum menyusui.