ASI Untuk Si Kembar

By Santi Hartono, Jumat, 10 April 2015 | 08:00 WIB
ASI Untuk Si Kembar (Santi Hartono)

Tabloid-nakita.com – Saat si kembar lahir, pertanyaan yang sangat sering terlintas di benak Mama, dan membuat Mama merasa khawatir, adalah "apakah saya mampu memberikan ASI untuk si kembar? Cukup tidak ya ASI yang saya produksi?"

Jawabannya, tentu! Menyusui dua anak sama mudahnya dengan menyusui satu anak karena tuntutan yang meningkat juga akan menaikkan jumlah produksi susu. Mama akan memproduksi cukup banyak susu dan menyusui bayi kembar Mama secara eksklusif di enam bulan pertama kehidupan mereka (dan semoga lebih lama dari itu!). Hukum permintaan dan penawaran berlaku di sini. Semakin sering Mama menyusui, semakin banyak susu yang Mama produksi. Dan hal itu tidak ada kaitannya dengan jumlah bayi yang Mama susui ataupun ukuran payudara Mama. Faktanya, wanita bisa memproduksi cukup susu untuk anak kembar dua, tiga, bahkan lebih, tanpa tambahan susu formula.

Yang Mama butuhkan agar bisa memberikan ASI untuk si kembar dengan sukses adalah dukungan dan dorongan. Beberapa hal berikut ada baiknya Mama lakukan:

Jika Mama harus dipisahkan dari bayi Mama atas alasan medis, mintalah perawat atau konsultan laktasi di rumah sakit untuk membawakan Mama pemompa payudara elektrik dengan dua perangkat steril yang bisa memompa kedua payudara Mama sekaligus. Mama harus mulai memompa kolostrum untuk diberikan kepada bayi Mama jika Mama tidak bisa segera menyusui mereka atau jika mereka tidak bisa langsung minum karena terlahir prematur ataupun memiliki permasalahan lainnya.