Agar Bayi Terhibur di Perjalanan (3)

By Santi Hartono, Selasa, 24 Maret 2015 | 06:00 WIB
Agar Bayi Terhibur di Perjalanan (3) (Santi Hartono)

Tabloid-nakita.com– Menghibur bayi yang tengah bosan, bisa gampang bisa susah, tapi jelas akan lebih mudah apabila Mama tahu trik-triknya, seperti melakukan sejumlah permainan dan aktivitas mengasyikkan berikut yang terangkum dalam 8 cara mudah agar bayi terhibur di perjalanan;

Beri fungsi baru pada botol air yang isinya sudah Mama teguk hingga habis dengan mengubahnya menjadi alat penghibur bayi. Isi separuh botol itu dengan air, masukkan beberapa uang logam, kemudian mampatkan tutupnya dengan super kencang (sehingga koin, salah satu benda yang bisa tertelan bayi secara tidak sengaja dan membuatnya tersedak, tidak akan jatuh keluar). Bayi Mama akan bersenang-senang dengan menggoyang-goyang botol itu sambil melihat uang logam dan percikan air di dalamnya. Mama juga bisa menyelipkan salah satu mainan atau buku favorit si kecil di dekatnya; dam saat menemukannya, dia akan berusaha menariknya dan asyik sendiri.

Kebanyakan bayi merasa terpesona oleh boneka tangan. Tapi jika Mama tidak ingin mengangkut salah satunya dari rumah saat bepergian dengan bayi Mama, buatlah sendiri dengan menggambar wajah di kedua jari telunjuk Mama. Kemudian boneka jari Mama bisa saling mengobrol dan berkisah (gunakan suara yang mengalun untuk menarik perhatian bayi Mama). Atau gunakan pena untuk membuat wajah gembira di atas kertas atau kantung kertas yang bisa Mama temukan di dalam pesawat/kereta. Buatlah cerita menarik dengan boneka jari/kertas Mama untuk si kecil—misalnya soal bagaimana enaknya menyantap makan siang di perjalanan. 

Jangan lupa untuk membawa kaca anti pecah ukuran kecil ketika berjalan-jalan bersama bayi Mama. Bahkan bayi yang masih sangat muda pun senang memandangi kaca. Bukan karena mereka sedikit narsis—faktanya, kebanyakan bayi tidak tahu bahwa wajah yang ada di dalam cermin merupakan pantulan wajahnya sendiri sampai mereka hampir berumur dua tahun—tapi karena mereka senang melihat wajah bayi-bayi lain. Bagi si kecil, dengan memandangi kaca mereka seolah-olah tengah membuat pertemanan baru. Selain itu, jika Mama tengah berada di bandara atau tempat ramai lainnya, cobalah untuk mencari bayi atau anak lain yang lebih tua. Kemungkinannya anak bayi Mama akan senang memandangi mereka dari kejauhan!

                Demikian 8 cara mudah agar bayi terhibur di perjalanan . Selamat mencoba dan semoga berhasil!