Agar Bayi Terhibur di Perjalanan (2)

By Santi Hartono, Selasa, 24 Maret 2015 | 05:00 WIB
Agar Bayi Terhibur di Perjalanan (2) (Santi Hartono)

Tabloid-nakita.com – Saat melakukan perjalanan darat maupun udara, Mama harus tetap berusaha menghibur bayi Mama dengan sejumlah permainan dan aktivitas mengasyikkan. Jika Mama kehabisan ide soal apa yang harus dimainkan, ikuti saja 8 cara mudah agar bayi terhibur di perjalanan  berikut ini, yang dimulai dengan:       

Mama mungkin bukan Raisa, tapi bayi Mama akan tetap merasa sangat senang saat mendengar lantunan suara Mama. Bukan saja suara itu terdengar sangat akrab, tapi juga menjadi penenang yang mujarab baginya. Saat melakukannya, Mama tidak perlu melulu menyanyikan lagu nina bobo, gumamkan saja lagu pop atau rock favorit Mama, kemudian senandungkan atau ganti liriknya dengan “la la la la”. Akan lebih baik lagi jika Mama memasukkan nama bayi Mama saat menyanyikan lagu, seperti “O Amelia” atau “Dinda Di Mana”-nya Katon Bagaskara. Bayi berumur di atas lima bulan biasanya sudah bisa mengenali namanya sendiri, karena itu nyanyian Mama pasti akan sangat menarik perhatiannya. Apakah Mama khawatir orang yang duduk di samping Mama akan keberatan dengan pertunjukan solo Mama? Tak perlu karena dia pasti akan lebih keberatan lagi jika bayi Mama melakukan pertunjukkannya sendiri (seperti menangis, rewel, dan masih banyak lagi). 

Buku dari karton tebal yang ukurannya kecil, ringan, dan mudah diselipkan di dalam tas memang khusus dibuat untuk dibawa di perjalanan, dan mereka sempurna untuk mengalihkan perhatian bayi yang tengah bosan dengan perjalanan panjang dengan pesawat atau kereta (atau di dalam mobil—jika Mama bukan yang menyetir dan bisa duduk di samping bayi Mama di tempat duduk belakang). Masukkan beberapa buku favoritnya ke dalam tas tenteng Mama dan lakukanlah pembacaan yang dramatis, lengkap dengan bunyi-bunyian lucu, ketika si kecil terlihat gelisah. Agar masing-masing buku bisa lebih hebat dampaknya, Mama dapat menunjuk tiap gambar di buku sambil bernarasi (“Itu namanya burung!”), tapi jangan terkejut jika bayi Mama malah lebih tertarik untuk mengunyah halaman itu.

Apakah Mama juga ingin mengalami sedikit ketenangan di perjalanan? Ciptakan beberapa menit waktu damai dan tenang dengan membawa mainan gantung yang bisa dipasang di kursi mobil khusus bayi, atau buatlah sendiri dengan memasang serangkaian cincin plastik bersambung yang digantungi beberapa mainan favoritnya dan ditaruh di dekat kursi dan bisa ia jangkau dengan mudah. Cara lain yang tak kalah seru: Pasang mainan rattle, boneka lembut, dan mainan lain yang Mama biarkan menggantung di depannya, sehingga bayi Mama memiliki kesempatan untuk meraih mainan itu sekaligus melatih koordinasi antara tangan dan matanya—dan Mama tidak perlu merogoh-rogoh tiap ada mainan yang terjatuh ke kolong kursi belakang.

                Masih ada tiga dari 8 cara mudah agar bayi terhibur di perjalanan yang bisa Mama coba bersama si kecil. Lanjut?