Agar Bayi Terhibur di Perjalanan (1)

By Santi Hartono, Selasa, 24 Maret 2015 | 04:00 WIB
Agar Bayi Terhibur di Perjalanan (1) (Santi Hartono)

Tabloid-nakita.com – Bayi adalah teman perjalanan yang menyenangkan: mudah digendong ke mana pun, banyak tidur, dan tidak butuh tempat berhenti untuk pipis atau pun pup. Meski begitu, turis kecil Mama akan mudah lelah jika harus duduk terus-menerus saat melakukan perjalanan panjang. Kiat yang bisa diterapkan agar waktu berlalu laksana terbang—dan menjaga Mama tetap waras—adalah mengikuti 8 cara mudah agar bayi terhibur di perjalanan berikut, yang bisa Mama lakukan saat harus bepergian dengan si kecil, baik menggunakan mobil, kereta, atau pun pesawat.

Bayi yang sudah besar biasanya sudah pandai dalam menggunakan tangan mereka dan tengah mencoba mempelajari beberapa konsep, seperti “dalam dan luar” serta “kosong dan penuh”. Kombinasikan kedua keterampilan yang tengah dikembangkan tersebut dengan bepergian sambil membawa dua wadah plastik berpenutup—satu kosong dan satunya lagi diisi mainan yang akan menarik minat bayi Mama, seperti balok, mainan hewan dari plastik, atau kotak yang terbuat dari kain warna-warni. Taruh kedua wadah berdampingan dan dorong si kecil untuk memindahkan benda-benda itu dari satu wadah ke wadah yang lain, begitu seterusnya. Meski permainan ini akan sulit dimainkan di dalam mobil, tapi bisa menjadi aktivitas pengisi waktu yang sempurna saat Mama harus menempuh perjalanan panjang dengan si kecil di atas kereta atau pun pesawat.    

Saat berumur sekitar enam bulan, bayi mulai mempelajari konsep keberadaan benda-benda—konsep akan benda-benda yang ternyata masih ada meski bayi sudah tidak bisa lagi melihat mereka. Itulah saatnya permainan petak umpet menjadi semakin menarik baginya. Mama bisa melakukan permainan klasik “sembunyikan di balik tangan (atau majalah, tabloid, atau pun buku)” di mana pun, kapan pun—kecuali, tentunya, ketika Mama tengah menyetir. Atau tingkatkan kesenangan dengan menutupi kepala Mama dengan syal atau selimut, kemudian kejutkan bayi Mama dengan cepat-cepat menariknya. Bayi Mama mungkin akan tergelak-gelak karenanya. Bayi yang lebih tua bahkan mungkin sudah bisa menarik sendiri benda apapun yang Mama pakai untuk menutupi kepala Mama (“Cilukba!”).    

                Baru dua dari 8 cara mudah agar bayi terhibur di perjalanan  yang kami bahas. Sisanya ada di artikel selanjutnya. Ikuti terus, ya.