Manfaat ASI Bagi Bayi

By Ipoel , Jumat, 13 Maret 2015 | 04:00 WIB
Manfaat ASI Bagi Bayi (Ipoel )

Tabloid-Nakita.com - Manfaat ASI bagi bayi sangatlah banyak. Tidak heran, ASI menjadi satu-satunya makanan alami terbaik bayi di awal kehidupannya, maka setiap ibu dianjurkan untuk memberikan ASI eksklusif setidaknya untuk enam bulan pertama. Sebab pemberian ASI eksklusif akan menjamin tercapainya pertumbuhan anak secara optimal.  Berikut manfaat ASI bagi bayi:

Manfaat #1 Kecerdasan otak.

ASI mengandung nutrien-nutrien yang dikomposisi khusus untuk perkembangan otak si kecil secara maksimal, khususnya otak yang bertugas mengatur emosi, pemahaman dan linguistik. Bayi yang diberikan ASI cukup memiliki IQ yang lebih tinggi. Ini dibuktikan dalam penelitian di Denmark terhadap 3.253 bayi. Peneliti menemukan bayi yang disusui 7-9 bulan memiliki IQ lebih tinggi ketimbang yang hanya disusui kurang dari 1 bulan.

 

Manfaat #2 Sistem imun yang baik.

Tidak ingin memiliki anak yang mudah sakit? Berikan saja ASI eksklusif. ASI secara alami diproduksi dengan kandungan zat kekebalan tubuh yang bisa melindungi bayi dari serangan pelbagai penyakit. Bayi yang diberikan ASI eksklusif biasanya memiliki sistem imun yang lebih baik ketimbang bayi yang tidak mendapatkan ASI eksklusif. Semakin baik sistem imun yang dimiliki, maka risiko terkena penyakit pun akan semakin kecil. Dengan memberikan ASI, Anda membantu si kecil menekan risiko gangguan pencernaan, asma, diabetes, kanker, infeksi saluran pernapasan, pneumonia, jantung, alergi, hingga kekurangan gizi.

Manfaat #3 Kesehatan mental.

Pemberian ASI eksklusif akan menekan risiko gangguan mental pada bayi. Melalui proses menyusui maka keintiman antara ibu dan anak pun terbentuk dengan baik. Kedekatan ini akan meningkatkan pertumbuhan EQ dan kepercayaan diri si kecil kelak.

 

Manfaat #4 Makanan terbaik.

Tidak ada asupan yang lebih baik dari ASI untuk bayi. ASI mengandung nutrisi paling sempurna dan lengkap yang dirancang pas untuk kebutuhan si kecil, seperti

DHA, AA, Omega 6, laktosa, taurin, protein, laktobasius, Vitamin A, kolostrum, lemak, zat besi, laktoferin, dan lisozim. 

Mengingat banyak manfaat ASI bagi bayi, tidak usah heran bila Mama pasti tidak akan melewatkan asupan nutrisi yang satu ini buat si kecil.