Tangkal Flu Pada Bayi dengan ASI

By Ipoel , Rabu, 19 Agustus 2015 | 15:40 WIB
Tangkal Flu Pada Bayi dengan ASI (Ipoel )

Tabloid-Nakita.com - Menghadapi musim hujan memang butuh persiapan ekstra. Suhu udara yang dingin dan banyaknya angin membuat penyebaran penyakit menjadi sangat mudah, termasuk penyakit flu. Tapi ada cara mudah untuk tangkal flu pada bayi, yaitu dengan pemberian ASI.

Tahukah Anda dengan menyusui bayi maka secara otomatis Anda akan memberikan zat antibodi yang mampu melindungi si kecil dari paparan pelbagai penyakit infeksi, seperti flu.  Antibodi merupakan sejenis protein yang  diproduksi oleh sistem imun seseorang saat terpapar oleh penyakit, dan menjadi ‘benteng’ utama yang dibutuhkan untuk menghalau infeksi. Pemberian ASI merupakan salah satu cara tangkal flu pada bayi.  Sebab bayi yang tidak mendapatkan ASI cenderung lebih rentan  terkena flu ketimbang anak ASI.

Selain bermanfaat tangkal flu pada bayi, pemberian ASI juga bermanfaat untuk proses penyembuhan. Untuk itu, jika bayi sudah terlanjur terkena flu, pemberian ASI sebaiknya tetap dilanjutkan. Harus diingat, bayi sakit membutuhkan lebih banyak cairan ketimbang para bayi yang sehat. Dan ASI merupakan cairan terbaik ketimbang air putih atau jus, dan ASI juga akan membantu melindungi sistem imun si bayi. Apabila anak Anda terlalu lemah untuk menyusu sendiri, Anda perlu membantunya dengan memompa ASI dan coba berikan ASI melalui botol, pipet, atau sendok.

 Bagaimana jika Anda yang terkena flu? Apakah masih diperbolehkan untuk menyusui?Jawabannya, Iya boleh dan tetaplah menyusui. Karena tubuh si ibu akan memproduksi zat antibodi yang bertugas melawan penyakit yang menyerang tubuh mereka, sedangkan ASI dibuat khusus untuk melindungi bayi dalam melawan segala penyakit yang menerpa si kecil. Plus, virus flu tidak ditularkan melalui ASI. Sudah dijelaskan, ASI dapat tangkal flu pada bayi.

MENYUSUI BAYI SAAT FLU 

Meski kita sudah mengetahui bahwa pemberian ASI tidak menularkan flu, tapi Anda perlu mengingat beberapa hal di bawah ini saat menyusui si kecil:

.