Agar Bayi Tak Mudah Sakit di Musim Hujan

By Ipoel , Minggu, 15 November 2015 | 00:00 WIB
Agar Bayi Tak Mudah Sakit di Musim Hujan (Ipoel )

Tabloid-Nakita.com - Musim hujan tidak hanya membawa serta air, angin, dan petir, tapi juga bibit penyakit. Suhu rendah dan kelembapan yang tinggi menjadi kondisi ideal bagi kuman untuk berkembang biak. Untuk itu, perlu disiasati agar bayi tidak mudah sakit di musim hujan. Ini penting karena berbeda dengan orang dewasa, sistem imun bayi masih belum optimal. Bayi juga belum bisa menjaga kesehatan mereka sendiri. Itulah alasannya kenapa bayi lebih rentan sakit ketimbang orang dewasa.

Jangan biarkan sang buah hati jatuh sakit. Berikut cara agar bayi tidak mudah sakit di musim hujan:

Jaga tubuh bayi tetap hangat.

Agar bayi tidak mudah sakit di musim hujan, coba jaga suhu tubuhnya agar tetap hangat. Musim hujan otomatis membuat suhu udara menjadi lebih dingin. Agar si kecil tidak masuk angin dan kedinginan, cobalah hangatkan tubuhnya dengan olesan  minyak telon (terutama di bagian pusarnya) dan memilih pakaian yang tepat. Jika ingin bepergian ke luar rumah, jangan lupa untuk selalu memakaikan jaket/sweater dan topi penutup kepala untuk menjaga kehangatan tubuh si kecil.

Berikan ASI.

Jangan sepelekan khasiat asupan bayi satu ini. Sebab ternyata bayi yang mendapatkan ASI eksklusif selama 6 bulan, memiliki sistem imun yang lebih kuat dan bisa terhindar dari penyakit batuk-pilek. Untuk bayi berusia di atas 6 bulan, sertakan dengan MPASI bergizi, buah-buahan, air putih yang cukup. Agar bayi tidak mudah sakit di musim hujan, berikan nutrisi bergizi. 

Hindari Kontak dengan Orang Sakit.

Karena belum memiliki sistem antibodi yang baik,  lindungi si kecil dari paparan penyakit dengan cara meminimalkan kontak anak dengan penderita atau orang sakit. Contoh, jika ada anggota keluarga yang sakit, usahakan minimalkan kontak dengan si kecil terlebih dulu. Jika memang harus atau tidak ada pilihan seperti pengasuh yang sedang sakit flu, usahakan untuk mencuci tangan dan gunakan masker dulu. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dan sistem pertukaran udara di rumah agar bibit penyakit tidak mudah berkembang. 

Agar bayi tidak mudah sakit di musim hujan, yuk jaga kondisi, berikan nutrisi, dan jaga kontak dengan orang sakit.