Menjadi Papa Terbaik (2)

By Santi Hartono, Rabu, 31 Desember 2014 | 06:00 WIB
Menjadi Papa Terbaik (2) (Santi Hartono)

Tabloid-nakita.com – Masih dari buku Throwaway Dads yang ditulis oleh Ross D. Parke dan Armin A. Brott, berikut empat dari 7 langkah membantu Papa menjadi ayah terbaik:

4. Jangan gengsi memberi Papa pujianYang sebaiknya diingat para mama, pria umumnya enggan mengerjakan hal-hal yang membuat mereka merasa tidak becus. Di sisi lain, kebanyakan pria akan merasa senang bila mendapat pujian. Karena itu, ada baiknya Mama tidak pelit-pelit menghadiahkan sanjungan ketika Papa melakukan hal-hal yang hebat saat bersama si kecil—menghentikan tangisnya, meninabobokan, menghiburnya—, dan jangan lupa untuk meminta Papa melakukannya lagi di kemudian hari—meski cara yang ia lakukan tidak sama persis dengan cara yang digunakan Mama.

5. Berhentilah menjadi komentatorMeski Mama tahu sejumlah trik dalam menghentikan tangisan bayi, biarkanlah Papa berusaha mencari tahu sendiri. Pria dan wanita cenderung melakukan pendekatan berbeda atas tugas yang sama, dan yang paling Papa butuhkan saat ini adalah kepercayaan diri yang hanya bisa muncul lewat latihan berulang kali.

6.Sadarilah bahwa Mama tidak mungkin bisa mengerjakan semuanya sendiri

Mama punya batas-batas dan biarkanlah Papa mengetahuinya. Dengan membuatnya menyadari bahwa Mama tidak mungkin sanggup mengerjakan semuanya sendiri, Papa biasanya akan lebih aktif dalam mengasuh dan merawat si kecil di rumah.

7. Kaji ulang makna tugas

Ketika membagi tanggung jawab, banyak pasangan mengalami kesulitan saat diminta untuk mengartikan dengan tepat kata “tugas”. Mereka umumnya tidak memberikan pengasuhan bobot yang sama dengan tugas rumah tangga lainnya. Karena itu, cobalah untuk Mama dan Papa sesekali berganti tugas dan tanggung jawab—misalnya, biarkan Papa memasak makan malam sementara Mama bergulat dengan si kecil, secara harfiah. Perubahan semacam ini dapat mengubah pemahaman Mama dan Papa soal arti tugas dan juga kontribusi.

                Demikian 7 langkah membantu Papa menjadi ayah terbaik yang akan membuat Mama dan Papa menemukan cara pengasuhan anak yang seru, dan pastinya, tanpa berantem, ya.