Aman dan Nyaman Naik Pesawat Bersama Bayi

By Ipoel , Selasa, 14 Juli 2015 | 21:26 WIB
Aman dan Nyaman Naik Pesawat Bersama Bayi (Ipoel )

Tabloid-Nakita.com - Duh, bayiku aman enggak ya kalau diajak naik pesawat? Begitu celoteh seorang Mama penuh ragu. Ya,  orangtua kadang ragu membawa bayi bepergian dengan pesawat. Kekhawatiran akan kenyamanan dan keselamatan bayi, akhirnya membuat orangtua lebih kendaraan roda empat. Padahal, ada lo kiat aman dan nyaman naik pesawat bersama bayi.

Jangan lupa, mengajak bayi bepergian ke luar kota  memberi banyak manfaat. Salah satunya memberikan pengalaman baru serta melatih ketahanan dan daya adaptasi bayi terhadap perubahan kondisi tempat.

Simaklah beberapa informasi penting aman dan nyaman naik pesawat bersama bayi berikut yang ditujukan untuk memudahkan Anda menyiapkan perjalanan udara bersama bayi kesayangan. Cukup lakukan tips berikut untuk menjamin ketenangan Anda terbang bersamanya.

Ini yang harus Anda lakukan saat memesan tiket pesawat

Agar aman dan nyaman naik pesawat bersama bayi, lakukan booking online sehingga Anda tidak perlu repot dan antri mengunjungi loket pemesanan tiket. Pesan tiket pesawat minimal sebulan sebelum keberangkatan. Selain memastikan Anda mendapat tiket pesawat promo, hal ini juga memungkinkan Anda menyesuaikan kebutuhan penerbangan lebih leluasa.

Waktu penerbangan paling pas untuk membawa bayi adalah saat jam tidur bayi. Penerbangan dekat sebaiknya Anda lakukan di siang hari (waktu tidur siang bayi), dan untuk penerbangan jauh biasakan pilih malam hari. Dengan begitu, aman dan nyaman naik pesawat bersama bayi terwujud.

Memesan tiket dari jauh-jauh hari juga penting untuk menghindari kehabisan tempat duduk. Anda pun memiliki kebebasan untuk menentukan tempat duduk karena masih banyak kursi tersedia.

Tempat duduk bagian depan adalah kursi prioritas, yang paling cocok untuk penumpang dengan bayi (terutama di pinggir lorong). Selain tenang karena jauh dari turbin pesawat, kursi prioritas ini juga memudahkan Anda untuk keluar masuk pesawat dengan cepat, serta jarak antar kursinya lebih luas. Jarak tempat duduk yang luas sangat penting untuk kenyamanan Anda dan bayi, terutama jika Anda harus terus memangku bayi selama perjalanan.

Pilih maskapai yang memudahkan perjalanan Anda dengan bayi. Pelajari ketentuan penerbangan dengan bayi dari masing-masing maskapai. Untuk penerbangan murah, Citilink yang berada di bawah Garuda Indonesia adalah salah satu yang direkomendasikan. Salah satu alasannya karena jarak antar-tempat duduk yang luas di seluruh bagian pesawat Citilink memastikan agar aman dan nyaman naik pesawat bersama bayi.

 

Jaga kenyamanan bayi sepanjang perjalanan

 

Tip aman dan nyaman naik pesawat bersama bayi , Pastikan Anda membawa serta perlengkapan utama bayi ke dalam kabin seperti ASI yang sudah diperah dan makanan bayi secukupnya, mainan kecil favorit si bayi, popok, tisu basah khusus bayi, dan minimal satu baju ganti. Simpan dalam satu tas berukuran kecil yang mudah Anda akses di kabin, sekaligus apabila harus dibawa ke toilet pesawat.

 

Pastikan bayi mengenakan pakaian hangat namun mudah untuk dipakai maupun dilepas. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan bayi muntah atau terkena tumpahan makanan dan susunya. Anda jadi tidak perlu ke toilet jika harus mengganti baju bayi.

 

Anda harus memastikan bayi kesayangan merasa kenyang selama penerbangan. Salah satu penyebab bayi rewel di pesawat adalah rasa lapar. Apalagi menu khusus bayi masih terbilang jarang tersedia di pesawat. Oleh karena itu, beri bayi makan secukupnya sebelum penerbangan. Jangan juga berlebihan memberi makan bayi karena Anda pun pasti tak mau terus-menerus disibukkan dengan mengganti popok di pesawat kan? Kalau sudah begitu, aman dan nyaman naik pesawat bersama bayi tidak bisa terwujud.

 

Selain lapar, sakit telinga yang disebabkan oleh perubahan tekanan udara di pesawat juga salah satu yang menyebabkan bayi rewel. Untuk mencegah hal tersebut, susuilah bayi saat lepas landas dan mendarat. Alternatif lain bisa dengan memberinya biskuit untuk dihisap. Jangan lupa bawa kain khusus menyusui ke dalam kabin agar Anda tetap nyaman saat harus menyusui di kursi penumpang.

 

Pegang bayi dengan mantap agar tidak mudah tergelincir terutama saat terjadi perubahan turbulensi pesawat. Jangan pernah lepaskan perhatian Anda dari sang bayi kesayangan. Beberapa maskapai penerbangan ada yang menyediakan sabuk pengaman khusus untuk bayi, atau tempat duduk sendiri. Namun biasanya itu berlaku untuk bayi usia di atas setahun.

 

Sebaiknya Anda tidak terbang berdua saja. Ajak satu orang dewasa lain saat Anda memutuskan untuk terbang bersama bayi. Orang tersebut dapat membantu Anda menjaga bayi, terutama jika sesekali anda perlu ke toilet sendiri. Selamat bepergian dengan pesawat. Semoga aman dan nyaman naik pesawat bersama bayi.