Alasan Bayi Menangis (1)

By Santi Hartono, Rabu, 27 Mei 2015 | 06:00 WIB
Alasan Bayi Menangis (1) (Santi Hartono)

Tabloid-Nakita.com – Menangis mungkin salah satu perilaku bayi yang tidak bisa Ibu hindari. Sebab dengan menangislah, bayi sebenarnya ingin mengungkapkan bahwa ia sedang lapar, sakit, takut, mengantuk, dan sebagainya. Tapi bagaimana kita dapat mengetahui alasan tepat ia menangis? Tak perlu khawatir, kami coba membantu memberikan "ciri-ciri" tangisan bayi dengan lebih spesifik, sehingga Ibu dan Ayah tak hanya dapat mengetahui alasan si kecil  menangis namun juga cara menanganinya.

Lapar

Beberapa tanda bayi lapar adalah menangis dengan bibirnya mendecap-decap. Umumnya bayi juga akan menaruh tangan di mulutnya. Saat Ibu mengelus pipinya, ia akan menolehkan kepalanya ke arah tangan Ibu. Segera susui, tangisannya pun akan reda.

Popoknya kotorBeberapa bayi akan segera menangis, memberi tahu ketika popok mereka butuh diganti. Sementara beberapa lainnya cukup bisa menoleransi popok kotor. Yang mana pun yang biasa dilakukan si kecil, tangisan yang satu ini mudah untuk diketahui dan gampang diatasi.

Butuh tidurBayi memang beruntung, ya. Ketika merasa lelah, mereka dapat tidur dengan mudah—kapan pun, di mana pun. Atau begitulah yang ada di dalam benak orang dewasa. Faktanya, bayi juga bisa mengalami kesulitan untuk jatuh tertidur, lebih sulit dari yang Ibu  bayangkan. Bukannya terkantuk-kantuk, bayi biasanya malah jadi rewel dan menangis, khususnya bila mereka terlalu capai

Ingin dipelukBayi memerlukan banyak pelukan. Mereka senang melihat wajah orangtuanya, mendengar suara mereka, mendengarkan detak jantung mereka, dan bahkan bisa mengenali aroma khas mama-papanya. Saat ia menangis, mungkin itu adalah cara mereka saat meminta untuk didekap dengan erat.

Baru empat dari 12 alasan bayi menangis dan cara menanganinya yang sudah kami bahas. Lanjut ke artikel selanjutnya, ya.