Jangan Lakukan ini Bersama Bayi

By Santi Hartono, Jumat, 4 Desember 2015 | 02:30 WIB
Jangan Lakukan ini Bersama Bayi (Santi Hartono)

Tabloid-Nakita.com – Tidak akan ada yang menyangkal kalau bayi sangat menggemaskan, terutama saat mereka tertawa. Hal itulah yang seringnya mendorong Papa dan Mama untuk melakukan apapun agar si kecil tergelak-gelak. Yang perlu diingat, bayi masih belum bisa melakukan semua aktivitas fisik orang dewasa. Menurut Lyuba Konopasek, pengajar dan dokter anak di New York-Presbyterian Weill Cornell Medical Center, melakukan kontak fisik dengan anak saat mengajaknya bermain adalah cara yang sangat baik dalam membangun ikatan yang kuat sekaligus bersenang-senang, asalkan dengan cara yang lembut. Karena itu ada baiknya untuk Papa dan Mama menghindari aktivitas berikut saat bersama bayi.

Si kecil yang berumur 12 bulan biasanya akan merasa sangat senang bila perutnya dikitik-kitik dengan lembut atau dibiarkan berbaring di atas perut papa atau mamanya sambil didekap. Jangan menggendong si kecil dengan mendudukkannya di atas bahu Papa atau Mama karena ia masih terlalu muda untuk itu. Selain itu, orangtua, khususnya Papa, harus menahan diri untuk tidak melempar bayi ke udara untuk kemudian ditangkap kembali. Hal itu berpotensi membuat bayi jatuh dan bisa menyebabkan bagian lehernya terkena cidera yang berbahaya.

Saat berumur 24 sampai 36 bulan, jika ingin, Mama dan Papa boleh menggendong si kecil di atas bahu—meski demikian ingatlah untuk berjalan secara perlahan dan di atas permukaan yang tidak keras, seperti di atas matras atau rumput, karena jatuh yang pelan sekali pun bisa berakibat fatal bagi anak yang masih kecil.         

Selain itu, Mama dan Papa juga sebaiknya tidak mengayun-ayun anak dengan menggunakan lengannya. Meski tampaknya tidak berbahaya dan menyenangkan untuk Mama dan Papa, si kecil akan merasa sangat tidak nyaman jika menderita dislokasi bahu atau siku karenanya.