Mengajak Bayi Tertawa

By Santi Hartono, Jumat, 21 Agustus 2015 | 03:30 WIB
Mengajak Bayi Tertawa (Santi Hartono)

Tabloid-Nakita.com. - Tertawa adalah salah satu indikator kebahagiaan, apalagi untuk bayi yang masih sangat polos, yang belum bisa memanipulasi perasaannya. Ketika tertawa bisa dipastikan ia sedang gembira, senang, ataupun bahagia. Tak hanya itu, suara tawa bayi ternyata juga bisa menularkan kebahagiaan pada seluruh penghuni rumah. Jadi, kalau Anda berhasil membuatnya tertawa, ternyata tak hanya si bayi yang bahagia, Anda pun akan merasakan hal yang sama.

    Sumber humor yang menimbulkan tawa bagi bayi adalah humor fisik berupa gerakan tubuh, mimik wajah, kejutan, permainan cilukba, ayun-ayun dan sebagainya. Singkatnya, orangtua bisa menandai aktivitas fisik seperti apa yang disukai bayinya dan membuatnya tertawa, sehingga bisa diulang lagi. Jangan khawatir, bayi tidak akan cepat bosan kok dengan permainan-permainan seperti ini, yang penting orangtua melakukannya sepenuh hati. Libatkan emosi, sehingga bayi bisa merasakan bahwa orangtua sedang mengajaknya bergembira. Tanpa emosi, bayi akan kurang bersemangat mengikuti aktivitas yang disodorkan orangtua.

   Tawa bayi juga bisa menjadi indikator kalau dirinya sehat secara fisik maupun emosi. Sederhananya, bayi yang sedang sakit tidak akan menanggapi gurauan orangtua dan lebih sering menangis/rewel. Selanjutnya bayi yang banyak tertawa juga lebih sehat secara emosi, ini terjadi karena munculnya perasaan gembira. Mengajak bayi tertawa adalah cara sederhana namun banyak manfaat dan menyehatkan bayi. Tak hanya manfaat jangka pendek, karena bayi yang selalu gembira akan tumbuh menjadi pribadi gembira, memiliki sense of humor, serta mampu menciptakan suasana menyenangkan untuk lingkungannya.

    Orangtua bisa mengajak bayi tertawa dengan mengkreasikan sendiri aneka aktivitas. Berikut ini hanyalah beberapa contoh ide yang bisa orangtua kembangkan sendiri.• Suara mulut.Aktivitas ini sangat sederhana, coba keluarkan suara-suara aneh dengan menggunakan bibir atau lidah, seperti suara, “Beb…beb…beb” atau “Ckckckck…”, tampilkan ekspresi muka lucu sehingga bayi tertawa.

• Cilukba.Cilukba adalah permainan sederhana yang disukai bayi dan membuatnya tertawa senang. Bila bayi masih sangat kecil, cukup lakukan dengan menutupkan tangan ke muka sambil berkata, “Ciluuukk…” setelah itu katakan, “Baaa…” dengan nada riang sambil membuka tangan yang menutupi muka.

Kalau bayi sudah agak besar, permainan yang sama masih bisa dilakukan namun menggunakan alat bantu sapu tangan atau bonekanya. Caranya tutup muka Anda dengan sapu tangan/boneka sambil berseru, “Ciluuukk…” lalu, “baaa…” sambil memperlihatkan muka Anda yang sedang tersenyum riang. Bisa juga orangtua bersembunyi di tepi tempat tidurnya lalu muncul lagi.

• Gelitik.Menggelitik telapak tangan atau telapak kaki akan membuat bayi kegelian lalu tertawa senang. Lakukan dengan perlahan dan waktunya singkat saja. Jangan melakukannya saat bayi selesai minum ASI atau makan karena bisa membuatnya tersedak/gumoh karena menggeliat kegelian. Lakukan saat bayi relaks, seperti waktu bermain atau setelah tubuhnya segar sehabis mandi sore.

• Tarik kaki.Saat bayi mulai belajar tengkurap dan memajukan tubuhnya sedikit-sedikit, orangtua bisa mengajaknya bermain tarik kaki. Caranya biarkan bayi telungkup di atas kasur/bantal, saat ia mencoba memajukan badannya sedikit-sedikit, dengan suara riang, orangtua bisa menariknya lagi ke belakang, “Hayooo…Mama kejar…Mama kejar.” Lakukan sebentar saja, dan tidak tiap kali bayi tengkurap dilakukan permainan ini meski ia terlihat gembira, karena kalau terlalu sering dikhawatirkan bayi jadi frustrasi karena tak kunjung berhasil memajukan badannya.