Tonggak Perkembangan Bayi (4)

By Santi Hartono, Rabu, 25 Maret 2015 | 00:00 WIB
Tonggak Perkembangan Bayi (4) (Santi Hartono)

 Tabloid-nakita.com – Menjelang umur satu tahun, keterampilan bayi dalam berpindah akan meningkat cepat, mulai dari bergeser, merangkak, merambat, bahkan berjalan. Untuk mengetahui perkembangan bayi (umur 8 sampai 12 bulan,) berikut tonggak-tonggak yang menonjol di tahapan umur ini.  

     Sekarang Ibu dan Ayah pasti sudah sangat memerhatikan bagaimana bayi Ibu telah menjadi penjelajah rumah yang bersemangat! Dia sudah bisa merangkak atau bergeser dengan cepat—yang membuat Ibu takjub sekaligus was-was. Dia juga sudah bisa duduk sendiri dan berpegangan di semua benda yang bisa ia raih untuk mengangkat tubuhnya dan berdiri lalu mulai merambat. Si kecil bahkan mungkin sudah bisa melangkah satu-satu sebelum merayakan ulang tahunnya yang pertama!     

       Ocehannya sekarang sudah semakin menyerupai percakapan yang sebenarnya, dan di tahap perkembangan bayi (umur 8 sampai 12 bulan) ini, Ibu mungkin akan mendengarkan kata pertamanya—seringnya “Ibu” atau “dada”. Tak butuh waktu terlalu lama sebelum si kecil mulai membuat frasa sederhana, dan di waktu yang sama dia akan menggunakan bahasa tubuh untuk memberi tahu apa yang diinginkan—atau tidak diinginkan!—dan sangat menaruh perhatian kepada kata-kata yang Ibu ucapkan.

       Tangannya akan semakin terampil dan gesit: dia akan menghibur dirinya sendiri dengan menaruh benda-benda di wadah untuk kemudian dikeluarkannnya lagi. Dia bisa menggunakan jempol dan jari-jemarinya yang lain untuk menjepit makanannya dari piring. Selain itu, bayi Ibu juga akan sangat senang meniru aktivitas orangtuanya, misalnya dengan menyisir rambutnya sendiri, minum dari cangkir, dan berpura-pura berbicara di telepon.

       Meski tampak ramah, bayi di umur ini mungkin akan lebih banyak diam saat dikelilingi orang-orang yang asing baginya. Dan ketika Ibu meninggalkannya, bayi Ibu mungkin akan menjadi sangat bingung dan gelisah—bayi Ibu mungkin tengah mengalami kecemasan berpisah yang merupakan hal normal di tahapan perkembangan bayi (umur 8 sampai 12 bulan).