Mainan Terbaik untuk Bayi Umur 9 sampai 12 Bulan (3)

By Santi Hartono, Selasa, 21 Oktober 2014 | 06:03 WIB
Mainan Terbaik untuk Bayi Umur 9 sampai 12 Bulan (3) (Santi Hartono)

Tabloid-Nakita.com – Guna melatih keterampilan motorik halusnya, bayi di tahapan umur ini sebaiknya diajak bermain dengan menggunakan mainan yang akan merangsang kecermatan otot-otot kecilnya, seperti jari-jemari dan koordinasinya dengan tangan. Contoh dari mainan terbaik untuk bayi umur 9 sampai 12 bulan yang berhubungan dengan motorik halus adalah:

Buku: Di tahapan umur ini, anak-anak akan merasa terpesona oleh buku yang khususnya dilengkapi lipatan (flap) untuk dibuka, lidah (tab) yang jika ditarik akan memunculkan tokoh baru, tekstur yang bisa diraba dan digosok, serta mungkin kelinci yang butuh ditepuk-tepuk.

Telepon mainan: Bayi suka meniru orangtuanya. Bahkan saat belum bisa berbicara, bayi akan mencoba untuk berkomunikasi dengan memegang pesawat telepon dan memencet angka-angkanya. Agar bayi semakin senang, berikan telepon mainan yang serupa dengan telepon asli.

Balok: Dianggap sebagai mainan yang sangat dibutuhkan bayi di tahapan umur ini, balok akan memberikan bayi Mama banyak kesempatan untuk berlatih dan menguasai seni menumpuk. Bagi si kecil menumpuk balok adalah hal yang sangat mengasyikkan, dan merubuhkannya juga sama menyenangkannya. Sebagai awal, berikanlah bayi Mama balok kayu besar yang ringan dan tidak dicat, dan ketika ia merayakan ulang tahunnya yang pertama, Mama bisa menaikkan tingkat mainannya dengan balok plastik besar yang bisa diraup dengan mudah.

Ember dan sekop mainan: Bagi bayi Mama, tidak ada yang lebih menyenangkan daripada aktivitas memasukkan dan mengeluarkan pasir ke dan dari ember mainan warna-warni. Siapkan ember dan sekop mainannya, yang sangat mudah di bawa-bawa, ketika Mama berjalan-jalan ke taman yang dilengkapi kotak pasir atau pantai dan perhatikan bagaimana bayi Mama akan terus bergembira dan sibuk sepanjang waktu.

                Permainan dan mainan yang tepat usia umumnya bisa membantu bayi mengembangkan kemampuannya dengan lebih cepat dan membuat bayi merasa senang. Permainan yang setingkat lebih sulit akan membuat bayi merasa jengkel, sementara yang terlalu mudah akan membuatnya bosan. Jika bayi Mama sudah hampir merayakan ulangtahunnya yang pertama, mungkin ada baiknya Mama menyiapkan ia kado mainan terbaik untuk bayi umur 9 sampai 12 bulan, yang tidak hanya akan membuat bayi Mama, tapi juga Mama dan Papa, merasa gembira.