Mainan Bayi Umur 9 sampai 12 Bulan (2)

By Santi Hartono, Jumat, 3 April 2015 | 00:00 WIB
Mainan Bayi Umur 9 sampai 12 Bulan (2) (Santi Hartono)

Tabloid-nakita.com – Bayi yang sudah mulai belajar berjalan dan mengekspolasi dunia di sekelilingnya membutuhkan mainan yang bisa merangsangnya untuk terus bergerak. Dengan begitu otot dan kemampuannya untuk bisa berjalan seimbang akan semakin membaik. Bayi di tahapan ini juga akan menggemari mainan yang mengasah keterampilan motorik halusnya yang kian akurat. Jika Mama dan Papa masih bingung dalam menentukan mainan  bayi umur 9 sampai 12 bulan, kami akan memberikan contoh-contohnya, seperti berikut ini:

Mainan dorong: Mainan dorong akan memberikan bayi Mama banyak kesempatan untuk melatih kemampuan barunya dalam berjalan. Agar aman, pilihlah mainan yang cukup berat—seperti mobil-mobilan yang dilengkapi tongkat pendorong—sehingga bayi Mama bisa berpegangan dan bersandar di tongkatnya untuk kemudian berjalan perlahan mengelilingi ruangan. (Kebanyakan bayi di tahapan umur ini masih belum terlalu bisa menggunakan mainan dorong dengan baik, karena itu sebaiknya si kecil diikuti seseorang yang sudah dewasa untuk menjaganya dari belakang ketika ia melangkah ke depan.) Menguasai kelincahan yang baru dipelajari merupakan pengalaman yang rumit bagi bayi. Dan setelah berhasil menguasainya, bayi Mama akan tetap menikmati mendorong dan menarik mainan ini hingga berbulan-bulan kemudian. 

Puzzle kayu geometri: Di tahapan ini bayi Mama akan senang mencari tahu mengapa bentuk persegi tidak bisa masuk ke dalam bentuk bulat; ini merupakan tantangan baru yang mengasyikkan untuk diatasi. Karena itu kemungkinannya bayi Mama akan menganggap puzzle geometri sebagai salah satu mainan yang sangat menarik, dan hanya akan sesekali membuat frustrasi. Untuk menambah kesenangannya, Mama juga bisa memberi si kecil wadah plastik bening serta beberapa bola atau balok. Dan kegembiraan pun dimulai!

Bola: Meski di tahap sebelumnya bayi Mama sudah mulai berkenalan dengan bola, tapi mainan yang satu ini akan membuat bayi semakin bersemangat karena kini ia sudah bisa berdiri dan memantulkan bola di atas lantai. Selain itu, si kecil juga mungkin akan menyukai mainan lain yang berbentuk bola—misalnya yang jika dipencet akan mengeluarkan bunyi atau lagu, atau yang bisa menyala jika dibanting.

Masih ada empat contoh mainan bayi umur 9 sampai 12 bulan yang bisa membantu Mama dan Papa saat harus memilih mainan untuk si kecil. Mari kita lanjut ke artikel selanjutnya.