Mainan Bayi Umur 6 sampai 9 Bulan (2)

By Santi Hartono, Selasa, 31 Maret 2015 | 03:00 WIB
Mainan Bayi Umur 6 sampai 9 Bulan (2) (Santi Hartono)

Tabloid-nakita.com – Bayi berumur enam sampai sembilan bulan biasanya sudah mengembangkan sejumlah keterampilan motorik halus. Dia sudah mulai bisa menggunakan jari-jemarinya untuk melakukan berbagai aktivitas halus, seperti menjimpit atau membalik. Selain itu dia juga sudah bisa berpindah dengan merangkak. Berikanlah si kecil mainan bayi umur 6 sampai 9 bulan yang akan membantunya berkembang lebih pesat, contohnya dengan:

Buku: Saat ini, kegiatan membaca bersama sudah akan menjadi lebih interaktif dan menyenangkan, baik bagi Mama maupun si kecil. Membaca bersama penting dalam membantu bayi Mama mengembangkan keterampilan berbahasanya, yang akan mulai lepas landas dengan cepat. Buku yang terbuat dari kain atau karton tebal adalah pilihan yang paling baik untuk si kecil. Usai membacakan buku, Mama bisa memberikannya kepada si kecil sehingga dia punya kesempatan untuk membuka-buka halamannya dan “membacakannya” untuk Mama.

Mainan yang lembut dan boneka binatang: Seringnya di tahapan ini, bayi akan menumbuhkan ikatan dengan benda kesayangan mereka—mainan atau selimut. Dokter anak umumnya mendukung ikatan ini, dengan mengatakan bahwa benda yang akrab dapat mempermudah masa transisi kelak. Di antara benda-benda kesayangan, yang paling banyak difavoritkan bayi adalah boneka dan boneka binatang. Demi keamanan bayi, sebaiknya Mama jangan memberinya boneka yang memiliki pita, mata dari plastik, benang, atau apapun yang bisa ditarik bayi dan ia masukkan ke dalam mulutnya. Selain itu, Mama sebaiknya juga bisa menahan diri untuk tidak memberikan mainan yang terlalu besar dan terlalu berat yang sulit diambil oleh si kecil. Jenis boneka yang paling aman untuk si kecil adalah boneka kain yang memiliki label tahan api atau flame retardant—mengandung zat yang dapat mengurangi risiko bahan untuk terbakar atau dapat melambatkan proses pembakaran bahan tersebut—, dan yang juga penting adalah harus bisa dicuci.

Bola: Bola adalah mainan yang menyenangkan untuk anak di semua umur. Untuk bayi di kelompok umur ini, pilihkanlah bola ringan yang terbuat dari kain. Untuk merangsang keterampilannya, gulingkanlah bola maju-mundur di antara bayi dan Mama di atas karpet atau matras. Jika bayi Mama sudah lebih pintar berpindah, Mama dapat menggulingkan bola ke sisi lain kamar agar si kecil bisa merangkak untuk mengambilnya.

Selain ketiga mainan di atas, masih ada jenis mainan  bayi umur 6 sampai 9 bulan lain yang mungkin tidak Mama duga sebelumnya. Lanjut ke artikel selanjutnya, ya.