Mainan Bayi Umur 6 sampai 9 Bulan (1)

By Santi Hartono, Selasa, 31 Maret 2015 | 02:00 WIB
Mainan Bayi Umur 6 sampai 9 Bulan (1) (Santi Hartono)

Tabloid-nakita.com Sejak berumur enam bulan, bayi Mama biasanya akan mulai mengembangkan permainan yang jauh lebih dinamis dan bersemangat. Saat memegang sendok, dia mungkin akan memukul-mukulkannya ke piring dan gelas. Dia mungkin juga akan menggoyang-goyangkan sekelompok kunci yang ia temukan dengan kencang. Sejak berumur enam bulan, bayi Mama biasanya akan mulai mengembangkan permainan yang jauh lebih dinamis dan bersemangat. Saat memegang sendok, dia mungkin akan memukul-mukulkannya ke piring dan gelas. Dia mungkin juga akan menggoyang-goyangkan sekelompok kunci yang ia temukan dengan kencang. Si kecil juga sekarang sudah bisa menggenggam dua mainan bersamaan dan melempar atau membanting mereka sekaligus. Kalau begini, sepertinya semua benda bisa jadi mainan  bayi umur 6 sampai 9 bulan, ya. Tapi tidak juga, lo.   

    Jika Mama memerhatikan, bayi Mama saat ini sudah memperlihatkan gerakan yang jauh lebih akurat. Otaknya yang terus berkembang menumbuhkan kemampuan untuk menguasai beberapa keahlian motorik halus, dan berkat keterampilan yang berkembang, dia kini dapat menggunakan jari-jemarinya untuk menjimpit kismis dari lantai.  

    Selain itu, di tahapan ini, bayi Mama juga akan mulai menyadari bahwa benda-benda di sekitarnya masih tetap ada meski dia sudah tidak lagi bisa melihat atau merasakannya. Dan ini juga berarti bahwa si kecil akan mulai merindukan mainan atau boneka binatang kesayangannya jika ia tidak bisa melihatnya, lalu berusaha untuk mencarinya. Gunakanlah kesempatan ini untuk mengajak si kecil melakukan permainan petak umpet sederhana dengan menggunakan benda-benda. Misalnya, cobalah untuk menyembunyikan boneka kesukaannya saat dia melihatnya. Hal itu akan merangsang si kecil untuk mencarinya dengan segera. Beri pujian jika si kecil berhasil, karena saat itu ia sedang merasa sangat bangga.  

    Selain keterampilan motorik halus, bayi Mama biasanya juga sudah mulai bisa berpindah. Dari tahapan duduk, bayi hanya akan membutuhkan langkah perkembangan pendek untuk mulai bisa bergeser dengan menggunakan perut, bergoyang maju-mundur di atas tangan dan kakinya, dan akhirnya mulai merangkak. Saat berumur sembilan bulan, dia mungkin sudah mulai bisa mengangkat badannya untuk berdiri dan berpegangan pada perabotan Mama, bersiap untuk melangkah.  

Dengan begitu banyak perkembangan keterampilan, bayi Mama membutuhkan rangsangan yang tepat. Rangsangan itu bisa berbentuk mainan terbaik untuk bayi umur 6 sampai 9 bulan yang akan dikupas di artikel berikut. Selain mainan, yang jauh lebih penting adalah partisipasi Mama dan Papa dalam bermain yang akan membantu si kecil mengeksplorasi indra-indranya dengan lebih cepat. 

Si kecil juga sekarang sudah bisa menggenggam dua mainan bersamaan dan melempar atau membanting mereka sekaligus. Kalau begini, sepertinya semua benda bisa jadi mainan terbaik untuk bayi umur 6 sampai 9 bulan, ya. Tapi tidak juga, lo. 

    Jika Mama memperhatikan, bayi Mama saat ini sudah memperlihatkan gerakan yang jauh lebih akurat. Otaknya yang terus berkembang menumbuhkan kemampuan untuk menguasai beberapa keahlian motorik halus, dan berkat keterampilan yang berkembang, dia kini dapat menggunakan jari-jemarinya untuk menjimpit kismis dari lantai.

Selain itu, di tahapan ini, bayi Mama juga akan mulai menyadari bahwa benda-benda di sekitarnya masih tetap ada meski dia sudah tidak lagi bisa melihat atau merasakannya. Dan ini juga berarti bahwa si kecil akan mulai merindukan mainan atau boneka binatang kesayangannya jika ia tidak bisa melihatnya, lalu berusaha untuk mencarinya. Gunakanlah kesempatan ini untuk mengajak si kecil melakukan permainan petak umpet sederhana dengan menggunakan benda-benda. Misalnya, cobalah untuk menyembunyikan boneka kesukaannya saat dia melihatnya. Hal itu akan merangsang si kecil untuk mencarinya dengan segera. Beri pujian jika si kecil berhasil, karena saat itu ia sedang merasa sangat bangga. Selain keterampilan motorik halus, bayi Mama biasanya juga sudah mulai bisa berpindah. Dari tahapan duduk, bayi hanya akan membutuhkan langkah perkembangan pendek untuk mulai bisa bergeser dengan menggunakan perut, bergoyang maju-mundur di atas tangan dan kakinya, dan akhirnya mulai merangkak. Saat berumur sembilan bulan, dia mungkin sudah mulai bisa mengangkat badannya untuk berdiri dan berpegangan pada perabotan Mama, bersiap untuk melangkah.

Dengan begitu banyak perkembangan keterampilan, bayi Mama membutuhkan rangsangan yang tepat. Rangsangan itu bisa berbentuk mainan terbaik untuk bayi umur 6 sampai 9 bulan yang akan dikupas di artikel berikut. Selain mainan, yang jauh lebih penting adalah partisipasi Mama dan Papa dalam bermain yang akan membantu si kecil mengeksplorasi indra-indranya dengan lebih cepat.