Mainan Terbaik untuk Bayi Baru Lahir (2)

By Santi Hartono, Rabu, 5 November 2014 | 06:30 WIB
Mainan Terbaik untuk Bayi Baru Lahir (2) (Santi Hartono)

Tabloid-Nakita.com – Bayi baru lahir masih memiliki penglihatan yang terbatas dan baru belajar mengenali bunyi. Karena itu, gunakanlah mainan yang, selain lembut, sesuai dengan dua perkembangan bayi tadi. Sebagai hiburan dan stimulan bagi si kecil gunakanlah mainan terbaik untuk bayi baru lahir berikut:

•    Mainan yang bisa digenggam: Mainan genggam sangat disukai bayi, apalagi jika Mama gerak-gerakkan dalam jarak pandangnya. Alasannya tentu karena bayi masih memiliki jarak penglihatan yang terbatas. Dan meski belum bisa menggenggam mainan, si kecil akan menunjukkan mainan yang paling ia suka dengan cara memukul-mukulkannya. •    Pemutar MP3 atau kotak musik: Musik merupakan salah satu cara terbaik untuk menghibur dan menenangkan bayi. Mainkan beragam jenis musik—yang penting janganterlalu bising—lalu perhatikan reaksi si kecil.•    Mainan gantung: Mainan gantung dapat menambah dimensi baru bagi penglihatan bayi. Carilah mainan gantung yang memiliki warna dan pola yang sangat kontras. Umumnya bayi menyukai mainan gantung yang dilengkapi musik. Agar aman, letakkan mainan gantung jauh di atas jangkauan bayi. Jangan mengikat atau menggantung mainan tepat di atas boks bayi, karena jika jatuh mainan itu bisa saja menjerat bayi. Yang paling aman, pasang mainan gantung di langit-langit yang masih bisa dilihat bayi Mama.   •    Cermin: Meski di tahapan ini bayi belum bisa menyadari bahwa bayangan yang terpantul dalam cermin adalah dirinya, ia akan menganggap bahwa sosok itu sangat menarik. Dan saat berumur tiga bulan, bayi Mama mungkin akan mulai tersenyum kepada bayangannya tersebut. Untuk amannya, carilah cermin untuk digantung di dekat meja ganti atau yang bisa didirikan di depan bayi Mama saat makan.  

Selain empat mainan tadi, masih ada empat mainan terbaik untuk bayi baru lahir lain yang akan kami infokan di artikel selanjutnya.