Waktu Tepat Menyendawakan Bayi

By Ipoel , Minggu, 10 Mei 2015 | 04:00 WIB
Waktu Tepat Menyendawakan Bayi (Ipoel )

TabloidNakita.com - Untuk pengetahuan Mama, menyendawakan juga ada waktu-waktu khusus. Waktu tepat menyendawakan bayi adalah saat:

- Waktu tepat menyendawakan bayi adalah setiap saat setelah selesai menyusui. Setelah si kecil merasa cukup kenyang menyusui, perlahan sendawakanlah.

- Jika si kecil mulai terlihat tidak nyaman atau rewel saat disusui, berhentilah untuk sejenak atau sekitar 10-20 menit. Lalu, cobalah untuk menyendawakannya terlebih dulu. Setelah itu lanjutkan menyusui. Waktu tepat menyendawakan bayi jangan sampai terlewat karena dapat menyebabkan si kecil rewel.

- Jika Mama memberikan susu botol, sebaiknya bayi disendawakan setiap 60-90 ml. Tetapi, jika si kecil disusui dengan ASI sebaiknya ia disendawakan setiap kali akan berganti posisi/peralihan dari satu payudara ke payudara lainnya.

- Adakalanya bayi terbangun dalam tidurnya karena kembung. Inilah waktu tepat menyendawakan bayi. Sendawakanlah si kecil agar ia dapat kembali melanjutkan tidurnya dengan nyaman.

- Jika bayi minum tergesa-gesa. Tunggulah sampai ia mulai slowdown, lalu perlahan sendawakan si kecil. Setelah itu, mama mulai dapat menyusui lagi

- Hal lain yang perlu diperhatikan, lakukan teknik menyusui dengan benar. Sebab, posisi menyusui yang kurang tepat akan membuat volume udara bertambah banyak.

Sudah jelas kan Mam kapan waktu tepat menyendawakan bayi?