3 Perilaku Tidur Bayi

By Ipoel , Rabu, 6 Agustus 2014 | 05:00 WIB
3 Perilaku Tidur Bayi (Ipoel )

TabloidNakita.com - Yuk kenali 3 perilaku tidur bayi berikut ini:

1. Bayi Berkeringat Saat Tidur 

Perilaku tidur bayi ini membuat orangtua cemas. Meski begitu, orangtua jangan kelewat cemas dulu bila bayi banjir keringat di saat tidur. Biasanya, keringat banyak muncul di kepala, tangan, dan kaki. Ini adalah normal sebab di area-area tersebut terdapat banyak kelenjar keringat. Ketika bayi berkeringat saat tidur, maka itu pertanda baik karena kelenjar keringatnya berfungsi dengan baik. 

2. Bayi Tersenyum dan Menangis Saat Tidur 

Ini  perilaku tidur bayi yang unik lainnya. Saat tidur, bayi mungkin saja berteriak, menangis, atau tersenyum. Perilaku ini juga normal dan wajar karena merupakan bentuk ekspresi atau pikirannya di alam mimpi. Meski begitu, bila bayi sering merengek atau menangis, orangtua sesekali perlu mengecek kondisi bayi. Siapa tahu popoknya basah, udara terlalu dingin atau panas, dan berbagai bentuk ketidaknyamanan lain. 

3. Bayi Ngorok Saat Tidur 

Perilaku tidur bayi ini banyak dialami. Umum perilaku tidur bayi ini tidak berbahaya selama ia dapat beraktivitas dengan baik, menyusu dan mengonsumsi MPASI dengan lahap. Umumnya, keluarnya bunyi saat ia tidur lantaran terjadi penyumbatan saluran napas, entah karena alergi, terjangkit flu, atau penyebab lain. Untuk mengatasi perilaku tidur bayi berupa ngorok, cobalah usahakan ubah posisi tidur dengan memiringkannya. Umumnya, seiring pertambahan usia, gangguan mendengkur pada bayi akan berkurang. Waspadai bila gangguan mendengkur sudah mengganggu aktivitas bayi.  Ini tandanya orangtua perlu memeriksakan bayi ke dokter ahli.