Kenali Fase Tidur Bayi

By Ipoel , Selasa, 10 November 2015 | 02:00 WIB
Kenali Fase Tidur Bayi (Ipoel )

TabloidNakita.com - Bayi tidak langsung terlelap, melainkan melewati fase-fase tertentu. Orangtua perlu mengenali, fase tidur bayi. Apa sajakah fase tidur bayi tersebut? Berikut penjelasannya.

       Proses tidur bayi dibedakan menjadi 2 fase, fase tidur bayi tenang atau non-REM (Rapid Eye Movement) dan fase tidur aktif atau REM. Berikut penjelasan fase tidur bayi:

* Fase Tidur Bayi : Tidur REMFase tidur bayi ini disebut fase aktif. Hal ini ditandai dengan pola pernapasan dan denyut jantung si kecil yang tidak teratur, serta tidak terjadi pembentukan keringat. Pada fase ini bayi terkadang tertidur sambil tersenyum, tertawa, atau bahkan mengigau. Meski demikian bayi tetap lelap tertidur. Fase ini, diduga mampu memulihkan pikiran, daya ingat, serta mempertahankan fungsi sel-sel otak.

* Fase Tidur Bayi : Tidur Non-REM

Fase tidur bayi ini adalah lanjutannya, tidur non-REM adalah tidur nyenyak (deep sleep). Pada fase ini bayi berada dalam keadaan relaks yang ditandai dengan detak jantung dan tarikan napas yang teratur. Pada tahapan ini, hormon-hormon pertumbuhan diproduksi untuk memulihkan tubuh, memperbaiki sel, serta membangun otot dan jaringan pendukung.