Kiat Bepergian Jauh Bersama Bayi

By Ipoel , Jumat, 2 Oktober 2015 | 05:00 WIB
Kiat Bepergian Jauh Bersama Bayi (Ipoel )

TabloidNakita.com - Bepergian jauh bersama bayi tidaklah masalah masalah. Asal mematuhi rambu-rambu sebelum bepergian jauh bersama bayi:

Bayi Boleh Bepergian Setelah 30-40 Hari?

Secara medis, sebetulnya tidak ada aturan bahwa bayi dilarang keluar rumah. Memang, sebaiknya sebelum berusia 30-40 hari, sebaiknya bayi tidak diajak keluar rumah kecuali memang benar-benar perlu, seperti untuk kontrol kesehatan dan vaksinasi ke RS.  Alasannya, bayi kecil rentan tertular penyakit.

Kerentanan terhadap infeksi ini tetap ada meski bayi sudah lebih besar. Karenanya, untuk mengajak bayi bepergian, apalagi kalau  jaraknya cukup jauh, diperlukan beberapa rambu yang harus diperhatikan oleh Mama Papa. Syukur-syukur bayi sudah berusia 3 bulan, sehingga fisiknya sudah semakin kuat dan sudah terbentuk rutinitas yang baik pada dirinya.

Sebelum Bepergian Jauh, Bayi Wajib Cek Kesehatan

Alangkah lebih baik bila 2—3 hari sebelum bepergian jauh bersama bayi, periksakan si kecil ke dokter untuk memastikan kesehatan bayi. Beri tahu dokter ke mana akan  bepergian dan bagaimana kondisi di sana. Bila Mama Papa hendak bepergian dengan pesawat, baiknya mintalah surat keterangan sehat dan surat izin untuk bayi naik pesawat dari dokter.

Selain itu, siapkan pula perlengkapan kesehatan yang diperlukan untuk di perjalanan selama bepergian jauh bersama bayi, antara lain:

• Aneka keperluan medis ringan. Saat bepergian jauh bersama bayi, Bawalah obat-obatan pertolongan pertama, seperti obat demam/anti nyeri, obat batuk, minyak penghangat (minyak telon/kayu putih), dan obat lainnya. Siapkan pula gel desinfektan, cukup 1 botol kecil untuk di perjalanan dan di tempat tujuan. Jika buah hati Mama Papa sedang mengonsumsi obat resep dokter, ingatlah jangan sampai tertinggal.

• Catatan informasi kesehatan. Siapkan nomor darurat dokter dan rumah sakit di tempat tujuan, serta nomor rekam medis di rumah sakit asal. Simpan catatan, misalnya di ponsel sehingga ketika mendadak dibutuhkan, Mama Papa dapat dengan mudah mencarinya. Ingat pula untuk membawa catatan atau buku kunjungan (konsultasi) dokter si kecil. Dengan  begitu, saat bepergian jauh bersama bayi dan terjadi hal yang tidak diinginkan, orangtua bisa melakukan langkah tepat.

• Siapkan topi bayi. Topi berguna sebagai pelindung di kala panas sekaligus menghangatkan di saat dingin.