Bayi Baru Lahir Perlu Beradaptasi

By Faras, Senin, 29 Desember 2014 | 03:00 WIB
Bayi Baru Lahir Perlu Beradaptasi (Faras)

Tabloid-Nakita.com - Bayi baru lahir perlu beradaptasi. Berikut 4 penyesuaian yang harus dilakukan bayi baru lahir, yaitu:

1. Bayi Baru Lahir Perlu Beradaptasi Dengan Perubahan SuhuDari rahim ibu yang bersuhu hangat, bayi baru lahir harus beradaptasi dengan suhu di luar rahim yang berubah-ubah: hangat, panas, dingin. Aturlah suhu ruangan agar tidak terlalu dingin atau panas, memberi selimut pada bayi, atau ibu menggendong bayi dengan cara kanguru agar terjadi kontak antarkulit yang membuat bayi tetap hangat.2. Bayi Baru Lahir Perlu Beradaptasi Dengan Sistem PernapasanSaat di kandungan, janin bernapas lewat plasenta atau tali pusar. Setelah lahir, tali pusar akan diputus dan bayi baru lahir harus beradaptasi segera bernapas sendiri. Jika tak ada masalah dengan organ pernapasannya, bayi baru lahir akan langsung bisa bernapas dengan baik. Cirinya ditandai dengan tangisan yang keras saat dilahirkan. Sedangkan bayi baru lahir yang mengalami gangguan pada organ pernapasannya akan kesulitan bernapas. Dokter akan segera menanganinya untuk membantunya bernapas. Yang tidak boleh terlupakan adalah berikan kepadanya udara lingkungan sekitar yang bersih, segar, dan terbebas dari polusi udara apa pun termasuk asap rokok, obat nyamuk, asap kendaraan, maupun polusi udara yang berasal dari rumah tangga, sehingga ia dapat bernapas dengan optimal.

3. Bayi Baru Lahir Perlu Beradaptasi Dengan Mengisap dan MenelanDi kandungan, janin memperoleh makanan lewat tali pusar. Setelah lahir ia harus mengisap dan menelan sendiri. Dua refleks ini sudah muncul namun belum berkembang sempurna sehingga kita perlu membantu bayi untuk menemukan posisi yang tepat saat menyusu. Pada bayi baru lahir yang mengalami gangguan mengisap dan menelan, sering kali ia tak bisa langsung menyesuaikan diri. Namun harus terus distimulasi agar tetap bisa memperoleh asupan makanan.

4. Bayi Baru Lahir Perlu Beradaptasi Dengan Pembuangan KotoranSaat janin, bayi membuang kotoran lewat tali pusar. Setelah dilahirkan, alat pembuangannya mulai berfungsi. Untuk memastikan fungsinya berjalan sempurna, dokter akan melakukan pemeriksaan pascalahir dengan melihat lubang anusnya.

Sudah jelas kan Mama, bayi baru  lahir perlu beradaptasi