Bayi yang Bebas Bergerak Lebih Cerdas

By Faras, Senin, 5 Januari 2015 | 06:18 WIB
Bayi yang Bebas Bergerak Lebih Cerdas (Faras)

Tabloid-nakita.com - Benarkah bayi yang bebas bergerak lebih cerdas? Ternyata hal itu ada benarnya. Sebab, bila bayi bebas bergerak, maka ia akan lebih mudah bereksplorasi dan menemukan hal-hal baru, sehingga semua itu akan menambah keterampilan dan kecerdasan bayi. Berikut manfaa bayi yang bebas bergerak: • Eksplorasi Lingkungan Bayi yang bebas bergerak lebih cerdas karena ia bisa memperoleh banyak stimulus, lebih mengenal lingkungannya, mendapat pengetahuan yang lebih luas mengenai benda-benda dan secara sederhana tahu pula ragam bentuknya, semisal, "O... kalau benda ini dipukul-pukul, ada bunyinya."

• Latihan Kemampuan MotorikDengan sendirinya bayi yang bebas bergerak akan berusaha mengaktifkan atau memfungsikan seluruh anggota tubuhnya. Otot-ototnya pun akan terlatih. Begitu juga dengan keseimbangan dan kontrol diri. Ia mendapat pemahaman bahwa dengan berdiri sambil berpegangan, ia tidak akan jatuh. Atau mendapat pengalaman baru, jika turun dari tempat yang lebih tinggi haruslah kaki dulu supaya tidak jatuh terjerembab.

• Latihan Kemampuan PersepsiPengetahuan bayi mengenai orientasi arah dan tempat juga jadi terlatih. Dengan bayi bebas bergerak, merangkak ke sana kemari bayi jadi tahu, "Kamar Ayah dan Bunda ada di sebelah kamarku dan di luar ada rumput tempat aku biasa diajak jalan-jalan sama Ayah dan Bunda."

• Belajar Memahami Hubungan Sebab AkibatSekalipun sangat sederhana, bagi bayi konsep hubungan sebab akibat sangatlah berharga, "Kalau aku berdiri di lantai yang ada airnya, aku bisa terpeleset jatuh." Atau, "Oh, pantesan Ayah suka bilang, 'Awas jatuh, ya.’ Soalnya kalau jatuh, aku pasti kesakitan."

• Belajar Memahami ProsesContoh, saat mendekati kakak yang mengiming-imingi sepotong kue, ia harus berusaha merangkat atau berjalan merambat mendekati si kakak yang saat itu berdiri agak jauh.Untuk itu, yuk biarkan bayi bebas bergerak. Karena bayi yang bebas bergerak lebih cerdas.