Mau Punya Anak Cerdas? Lakukan Permainan Ini Sebelum Anak Usia 1 Tahun

By Faras, Minggu, 17 September 2017 | 09:20 WIB
Jenis Permainan Agar Bayi 9-12 Bulan Cerdas (Faras)

Nakita.id -  Bermain memang akan membuat si kecil cerdas! Jelang usianya yang menginjak satu tahun, ada baiknya Ibu melakukan permainan berikut ini. 

Melambung ke Udara Peganglah si kecil dengan kedua lengan. Lambungkan si kecil ke udara, kemudian turunkan dan beri kecupan di pipinya. Aktivitas bermain ini bisa dilakukan sambil menyanyikan lagu, misalnya, Balonku. Saat kata "dor", kita lambungkan si kecil. Gerakan dan musik yang dilakukan secara bersamaan ini merangsang kedua sisi otak yang baik bagi perkembangan kognitifnya.

Bermain Bola Bila si kecil sudah dapat duduk tegak, kita dapat mengajaknya bermain bola dengan menggulirkan bola ke arahnya. Gunakan bola kain yang lembut. Duduklah berhadapan dengan si kecil. Gulirkan bola perlahan dan tunjukkan cara menangkapnya. Permainan ini bisa mengembangkan kemampuan motoriknya.

Main di Bak Mandi Bayi senang sekali bermain air sambil duduk di bak mandinya. Nah, kita dapat memandikannya sambil bermain air. Misal, menyabuni dengan waslap, lalu dengan perlahan gerakkan lengan bayi, gelitik ketiaknya dengan sabun. Cara lain, lakukan permainan ciprat air dengan mengangkat mainan mandi ke atas, lalu cemplungkan ke air hingga menimbulkan cipratan. Bila dilakukan sambil "mengobrol", kemampuan berbahasanya akan berkembang. Bayi juga belajar sensasi-sensasi lainnya, antara lain gosokan sabun dan cipratan air.

Menggendong di Bahu Permainan ini akan memberi banyak keasyikan. Dudukkan si kecil di bahu Anda dengan kaki terjulur ke depan. Peganglah tangannya ketika Anda bergerak. Lakukan gerakan yang berbeda, semisal melompat kecil, berbaris, berjalan pelan, berjalan cepat, mengitari ruangan, dan lain-lainnya. Permainan ini membantu meningkatkan keterampilan motorik, keseimbangan dan kewaspadaan bayi sehingga ia menjadi percaya diri. 

Pasel Bayi Mulai usia 10 bulan, si kecil dapat diajak bermain pasel, tentu yang sederhana. Ukurannya cukup besar dan hanya terdiri dari 1 keping, berbentuk buah atau binatang dan lainnya, sehingga si kecil tinggal memasukkan ke lubang yang sudah tersedia. Mainan ini akan merangsang kemampuan visual dan melatih motorik halus bayi, disamping mengasah kemampuan berpikirnya.

Kereta Dorong Umumnya, di usia 10—11 bulan, bayi mulai berjalan merambat. Nah, mainan ini bermanfaat untuk bayi latihan berjalan. Pastikan dudukan mainan ini cukup mantap sehingga saat si kecil bertumpu padanya, mainan ini tidak mudah terguling. 

Gelembung Sabun Ayah/ibu bisa membuatnya sendiri. Permainan ini sangat menarik bagi si kecil. Amati reaksi gembira yang diluapkannya. Hanya saja pastikan tak ada gelembung yang menghampiri wajah si kecil. Bila pecah tepat di dekat matanya dikhawatirkan bisa menimbulkan perih.

Susun Balok Sediakan balok seukuran genggaman tangan bayi. Ajari bayi menyusun balok-balok itu. Biarkan dia membuat kreasi sendiri. Selain melatih motorik halus, mainan ini juga sangat baik untuk mengenalkan warna, bentuk, tekstur, dan lain-lain.