Perkembangan Motorik Halus pada Bayi

By Faras, Kamis, 23 April 2015 | 08:00 WIB
Perkembangan Motorik Halus pada Bayi (Faras)

Tabloid-Nakita.com - Seperti apa sih perkembangan motorik halus bayi. Berikut penjelasannya:

• Perkembangan motorik halus bayi Usia 0—2 Bulan- Saat lahir bayi mempunyai refleks menggenggam. Berangsur-angsur refleks ini akan hilang dan tangannya terbuka sepanjang waktu. - Jangkauan pandangannya hanya 20—25 cm, baru bisa membedakan terang-gelap, dan dapat mengikuti gerakan objek ke arah tengah mata (puncak hidung).- Di usia 2 bulan mulai bereaksi terhadap bunyi-bunyian.

• Perkembangan motorik halus bayi Usia 3—5 Bulan- Mulai suka memasukkan jari-jarinya ke mulut. - Menggenggam mainan yang diberikan kepadanya dengan cara membuka telapak tangan, menekuk kelingking ke arah telapak tangan.- Suka menarik rambut orangtuanya, pakaian atau selimut.• Perkembangan motorik halus bayi Usia 6—7 Bulan- Mampu memindahkan mainan dari satu tangan ke tangan lainnya.- Meraih balok dengan jari, bukan dengan telapak tangan seperti sebelumnya.- Memegang balok dengan satu tangan.- Menerima benda yang diberikan dengan tangan lainnya.• Perkembangan motorik halus bayi usia 8—9 Bulan- Mulai bisa membuka halaman buku, meski beberapa halaman sekaligus terbuka.- Memegang balok dengan kedua tangan lalu memukulkan keduanya. - Memegang benda dengan jempol dan jarinya.

Perkembangan motorik halus bayi usia 10—12 Bulan- Dapat mengarahkan jari telunjuk pada benda yang dikehendaki.- Dapat mengambil benda-benda kecil karena koordinasi mata dan tangannya sudah baik. - Senang dengan permainan mengambil dan menjatuhkan benda karena kemampuan menggenggam dan melepaskan benda yang dipegangnya, ia juga sudah bisa melempar.- Memegang dua balok dengan satu tangan dan menyusunnya ke atas.