Perkembangan Kemandirian Pada Bayi

By Faras, Rabu, 2 Juli 2014 | 00:00 WIB
Perkembangan Kemandirian Pada Bayi (Faras)

TabloidNakita.com - Kapan bayi bisa memegang biskuit, kapan juga ia sudah bisa minum dari cangkir atau gelas. Berikut perkembangan kemandirian pada bayi.

  PERKEMBANGAN KEMANDIRIAN BAYI 

• Perkembangan kemandirian bayi usia Usia 4—5 Bulan    - Memegang biskuit dan memasukkannya ke mulut, meskipun kadang kerap terjatuh.

Perkembangan kemandirian bayi Usia 6—7 Bulan- Meraih sendiri biskuit yang ada di dekatnya, lalu memegangnya dan memasukkannya ke mulut.- Dapat menggeser tubuh atau mukanya bila tertutupi kain selimutnya atau bantal kecil. 

Perkembangan kemandirian bayi Usia 8—9 Bulan- Dapat minum dari cangkir/gelas bergagang dengan dibantu.- Kemampuan mengunyah makanan padat semakin baik.- Mulai belajar menggunakan sendok untuk makan.

Perkembangan kemandirian bayi Usia 10—12 Bulan- Minum sendiri dari cangkir/gelas bergagang.- Di usia setahun dapat memegang sendok sendiri dan mulai makan sendiri tanpa dibantu.- Dapat menarik-narik hingga terlepas, topi atau kaus kaki dan sepatu sendiri.- Turun sendiri dari sofa atau tempat tidur yang rendah.