Perkembangan Bahasa Pada Bayi

By Faras, Sabtu, 5 Juli 2014 | 13:00 WIB
Perkembangan Bahasa Pada Bayi (Faras)

TabloidNakita.com - Inilah perkembangan bahasa pada bayi :

• Perkembangan bahasa pada bayi Usia 0—3 Bulan- Menangis untuk memberi tanda pada orang-orang disekitarnya kalau ia lapar, haus, popoknya basah, dan sebagainya.- Sejak usia 2 minggu mulai mengeluarkan suara-suara yang tidak jelas. - Usia 4 minggu mengerti interaksi bicara dan memberikan respons. - Membuat bunyi sebagai tanda kegembiraan seperti suara kumur-kumur atau teriakan, seperti, “gaa”, “guu”. 

Perkembangan bahasa pada bayi Usia 4—6 Bulan- Mengucapkan sukukata seperti, “ka”, “da”, “ma”, “ergh”, dan seterusnya.- Mengerti ucapan orangtua seperti, “Mama datang”, “Yuk makan”. - Mulai mengoceh, mengulang-ulang suara yang belum ada artinya.

• Perkembangan bahasa pada bayi Usia 7—9 Bulan - Dapat mengucapkan kata yang berarti seperti, “Mama”, lalu diikuti “Papa” dan seterusnya. Kalau bayi mengucapkan beberapa kata seperti “cu”, coba pertegas dengan, “Maksudnya mau minum susu ya? Bagaimana bilangnya..., susu.”

Perkembangan bahasa pada bayi Usia 10—12 Bulan- Tidak meneteskan air liur seperti sebelumnya saat bicara sebagai tanda ia mulai bisa mengontrol lidah, mulut dan bibir untuk berkata-kata. - Mengerti pertanyaan sederhana, seperti, “Di mana botolnya?” - Mengerti akan namanya. Ketika namanya dipanggil, si kecil akan menoleh.- Dapat menirukan suara-suara yang diperkenalkan kepadanya, seperti anjing, kucing, cicak, dan suara-suara lain di sekitar rumah.- Di usia 1 tahun menguasai sekitar 5—10 kata.