Mari Mengenalkan Nama-Nama Hari

By Faras, Selasa, 2 September 2014 | 04:00 WIB
Mari Mengenalkan Nama-Nama Hari (Faras)

TabloidNakita.com - Mempelajari nama-nama hari dapat  memperkaya kosakata anak, melatih logika berpikir yang menjadi dasar matematika sekaligus melatih anak mengenai batasan waktu. Contohnya, kemarin Rabu. Sekarang Kamis. Besok Jumat, dan lain sebagainya. Mari mengenalkan nama-nama hari pada anak:

 

Cara mengenalkan konsep hari pada anak:

* Mulailah dengan nama-nama hari berurutan dari Senin, Selasa, dan seterusnya. Manfaatkan lagu nama-nama hari. Umumnya dengan bernyanyi, anak lebih cepat mengingatnya. Mengenalkan nama-nama hari  harus dengan cara menyenangkan. 

* Mengenalkan nama-nama hari   dalam kehidupan sehari-hari. Jelaskan sekonkret tentang konsep hari kerja, hari raya dan hari libur. Hari kerja adalah saat mama dan papa pergi ke kantor, misal. Sementara saat hari libur katakan. "Sekarang libur, Ayah dan Bunda tidak ke kantor. Kita bisa main bersama di rumah seharian."

* Untuk menjelaskan tentang hari raya, hubungkan hari itu  dengan perayaan yang dikenal anak. Misalnya, lebaran. Dari sini anak akan semakin tahu apa itu perayaan dan bagaimana perasaan orang yang merayakan hari istimewa tersebut. Contohnya,ia selalu  mengunjungi kakek-nenek di luar kota pada hari Raya. Dikatakan istimewa karena hari itu tidak datang setiap hari. Seperti halnya ulang tahun, hanya ada setahun sekali. Mengenalkan nama-nama hari dengan cara itu  pasti dapat melekat di memori anak.

* Jika orangtua tidak bekerja di hari kerja, semisal izin atau ambil cuti. Kondisi seperti ini dapat mengacaukan persepsi anak. Itulah mengapa, harus dijelaskan.”Ayah hari ini tidak masuk kerja. Ayah sedang cuti. Agar semakin konkret hingga bisa dengan mudah dipahami anak, bisa saja analogikan dengan pengalaman ketika si batita sakit hingga tidak masuk "sekolah".

* Penjelasan yang memadai akan sangat membantu anak untuk berpikir ke pola yang lebih kompleks. Contohnya, Hari Senin tapi Ayah tidak kerja. Berarti Ayah cuti atau sakit." Di sini anak belajar mengaitkan satu sama lain antara sebab dan akibat. Lebih jauh ini berarti menaikkan tingkat kecerdasan anak. Artinya, mengenalkan nama-nama hari bisa merangsang kecerdasan kognitif anak.