Ajarkan Konsep Panjang dan Pendek

By Ipoel , Jumat, 2 Oktober 2015 | 03:00 WIB
Ajarkan Konsep Panjang dan Pendek (Ipoel )

TabloidNakita.com - Berikut cara ajarkan konsep panjang dan pendek pada anak:

  1. * Dengan sedikit bantuan, batita dapat menyusun benda berdasarkan urutan sesuai ukuran, meski  baru merangkaikan dua benda saja, seperti besar kecil atau panjang pendek. Ajarkan konsep panjang dan pendek pada anak
  1. * Ajarkan konsep panjang dan pendek pada anak dengan menunjukkan dua benda yang berbeda ukuran, misal, bola besar dan bola kecil, kemudian jelaskan, “Bola merah ini besar, Dek. Nah yang biru ini kecil.” Atau, berikan ia dua buah pensil yang masih panjang dan sudah pendek, “Wah, pensil baru ini masih panjang.  Pensil yang ini sudah pendek.”
  1. * Lakukan dengan membandingkan tangan Mama dan anak. Caranya, ambil tangan kanan si kecil, mintalah untuk meluruskan tangannya ke depan. Kemudian, tempelkan tangan kiri Anda sejajar dengan tangan si kecil. Sampaikan bahwa, tangan Bunda panjang, tangan Adek pendek.
  1. * Lakukan permainan sederhana. Contoh, menyusun pasel atau balok. Susunlah kereta api dengan 4 balok dan kereta dengan 2 balok. Tanyakan mana yang lebih panjang atau yang lebih pendek? Minta ia naik kereta api yang lebih panjang dan Anda menaiki kereta api yang lebih pendek.