Yuk, Ajarkan Kata-Kata Baru Pada Anak

By Ipoel , Kamis, 26 Juni 2014 | 12:00 WIB
Yuk, Ajarkan Kata-Kata Baru Pada Anak (Ipoel )

TabloidNakita.com- Ajarkan kata-kata baru pada anak sangat penting. Secara perkembangan, anak usia 1-3 tahun atau batita mulai mengerti bahwa tiap benda memiliki nama. Dia setidaknya bisa mengucapkan 3 kata yang sudah familiar, seperti “Mama”, “Papa’ atau  "Mamam" dengan maksud "Aku mau makan". Rata-rata kosakatanya mencapai 50 kata.  Kemampuan berbahasa dipengaruhi kematangan otak (khususnya limbik otak bahasa). Juga stimulasi lingkungan, terutama orangtua. Makin banyak rangsangan, efeknya berbanding lurus, anak pun makin kaya kosakata. Untuk itu, yuk ajarkan kata-kata baru pada anak.

Cara Ajarkan Kata-Kata Baru Pada Anak: 

* Untuk ajarkan kata-kata baru, Sebutkan nama-nama benda yang menarik perhatiannya. ”Dek  ini namanya keyboard.  Ini printer”. Tapi jangan berharap anak bisa langsung mengerti bahwa yang dikatakan adalah bahasa Inggris, karena yang ia tangkap hanya sebuah kata.

*  Mengingat pemahamannya masih terbatas hindari mengenalkannya pada hal-hal konkret. ”Adek tahu bahagia itu apa?” Akan lebih efektif, bila objek yang dikenalkan selain  konkret juga akrab dilihatnya sehari-hari. ”Lihat itu binatang apa namanya?” “Oh, kucing ya...” Artinya, ajarkan kata-kata baru berupa objek yang dapat dilihat, disentuh, atau dirasakan anak.

*  Ajarkan kata-kata baru saat membacakan cerita. Saat membacakannya cerita, bertanyalah “Ini gambar apa ya?” Bila si kecil tampak belum mengenalnya, beritahukan. “Ini namanya dinosaurus.” Lalu minta ia mengulangi kembali kata-kata itu. “Apa ini Dek? Betul, di-no-sau-rus.” 

* Bermain telepon-teleponan dengan si kecil juga akan melatih anak menggunakan kata-kata baru. “Halo... mau bicara dengan siapa. O... Adek sedang pergi...” dan seterusnya.

* CD-CD, film, MP3 berisi lagu anak-anak juga bisa membantu memperkaya kosakatanya. Banyak kata-katabaru yang dapat dikenal anak lewat lagu. Selain itu, ajarkan kata-kata baru lewat format multimedia lainnya seperti film.