Bila Terlanjur Terlambat Mengenalkan Makanan Padat

By Ipoel , Kamis, 26 Juni 2014 | 12:00 WIB
Bila Terlanjur Terlambat Mengenalkan Makanan Padat (Ipoel )

TabloidNakita.com - Bagaimana bila orangtua terlanjur terlambat mengenalkan makanan padat. Berikut cara mengatasinya:

* Untuk menanganinya harus disesuaikan dengan kemampuan rata-rata di usianya. Meskipun agak sulit, dapat dibantu dengan beberapa cara, misal, memberikan jenis makanan yang bisa dipegang dan dikunyah sesuai kemauannya (finger food). Cobalah berikan makanan itu pada anak.

* Di usia 1 tahun, anak bisa dikenalkan dengan makanan yang sama dengan makanan orang dewasa, hanya saja teksturnya lebih diempukkan, seperti nasi tim, daging yang dimasak empuk dan dicincang, atau tempe yang ditumis. Pokoknya, mulailah dengan menu yang ringan-ringan dahulu. Sebab, mengatasi anak yang terlambat mengenal makanan padat membutuhkan proses.

* Di hari-hari pertama mengenalkan makanan padat seperti itu, jangan campur segala macam bahan makanan menjadi satu; cukup satu macam saja, semisal nasi tim dengan kaldu ayam. Hari selanjutnya, baru tambahkan secara bertahap kacang merah, brokoli, ayam, daging, telur, dan lainnya. Juga, pilih yang tak berbau amis dulu.

* Di samping itu, bahan makanan bisa dibuat terpisah. Misal, nasi tim dibuat tersendiri, sayur bening dimasak tersendiri, dan daging diolah sendiri. Jadi, pada saat anak akan disuapi, barulah nasi tim dicampur dengan lauk dan sayur.

Dengan berbagai cara di atas, diharapkan kondisi anak yang terlanjut terlambat mengenal makanan padat dapat diatasi.