Agar Anak Tak Sulit Makan, Sajikan Makanan Dengan Menarik

By Ipoel , Sabtu, 21 Juni 2014 | 08:00 WIB
Agar Anak Tak Sulit Makan, Sajikan Makanan Dengan Menarik (Ipoel )

TabloidNakita.com - Anak sulit makan? Mungkin penyebabnya adalah sajian makanan kurang menarik. Ingat, sajian makanan yang menarik akan membangkitkan nafsu makan anak. Ingat, anak usia 2 tahun ke atas sudah pandai memilih makanan. Mana makanan menarik mana yang tidak. Untuk itu, sajikan makanan dengan menarik. TIP PENYAJIAN MAKANAN YANG MENARIK 

Agar makanan bisa menggugah selera anak, sajikan makanan dengan menarik ada beberapa hal yang seharusnya diperhatikan, yakni:

>> Sajikan makanan dengan menarik dan bagus. Orangtua harus menjadikan makanan yang ada menjadi lebih menarik. Misal, ketika makan malam, buatlah suasana menyenangkan dengan menambahi lilin dan lampu warna-warni. Atau juga, telur yang biasa digoreng berbentuk bulat kini dibentuk menjadi segitiga dengan cetakan tertentu. Dengan sajian makanan yang menarik, diharapkan anak tak sulit makan lagi.  

>> Selain menarik, makanan juga harus yang disajikan dengan bervariasi, baik dari segi bahan maupun pengolahannya. Jika hari ini menunya telur, besok daging cincang, besoknya lagi ikan, dan seterusnya. Atau, kalau hari ini sayur bayam, besok sayur sop, besoknya lagi sayur asem, dan seterusnya. Ini sangat bermanfaat, sebab dengan begitu anak pun belajar membiasakan diri dengan aneka ragam makanan.

>> Makanan yang menarik biasanya mudah dikenali oleh anak. Anak-anak tak berselera terhadap makanan yang bentuknya tak beraturan. Dengan kata lain, makanan yang pengolahannya dicampur-campur atau dipotong kecil-kecil dan diaduk-aduk tak keruan cenderung ditolak. Sebabnya, di usia balita, anak biasanya ingin mengetahui apa yang dimakannya. Makanan yang menarik akan lebih disukai dan disantap anak.  

>> Agar anak tak sulit makan, ciptakan suasana baru yang lebih menyenangkan ketika acara makan tiba. Misal, kalau biasanya sekeluarga makan di meja makan, sekali-sekali pindahlah ke taman atau ke beranda rumah. Suasana baru bisa membangkitkan selera anak.