Kiat Menangani Pilek Pada Anak

By Ipoel , Sabtu, 21 Juni 2014 | 12:00 WIB
Kiat Menangani Pilek Pada Anak (Ipoel )

TabloidNakita.com - Pada anak, penyakit pilek biasanya diawali tenggorokan gatal yang kadang menyebabkan batuk kering. Tak tertutup kemungkinan suhu tubuh ikut meningkat hingga terjadi demam. Selanjutnya, dari hidung keluar ingus jernih yang lama-kelamaan mengental. Itulah ciri khas penyakit pilek.

Menangani  penyakit pilek:

* Jika penyakit pilek disertai demam, usahakan untuk memberi si kecil banyak minum, baik itu ASI, susu, jus buah, atau air putih hangat.

* Untuk menangani penyakit pilek, perbanyak istirahat. Obati lebih dulu demamnya dengan memberikan obat turun panas yang aman, biasanya memiliki golongan parasetamol. 

* Jika timbul gejala pilek berupa hidung bayi mampat dan sulit mengisap, beri obat tetes hidung (sesuai petunjuk dokter) sebelum pemberian ASI. Jika ia sudah agak besar, menangani penyakit pilek bisa atasi dengan menghirup uap air hangat dari baskom. Tutup sekeliling kepala si kecil dengan handuk sehingga uap hangatnya langsung terhirup.

* Virus influenza yang menyebabkan pilek termasuk jenis self limiting desease hingga pilek bisa sembuh sendiri tanpa obat-obatan asalkan kadarnya ringan. Untuk itu, menangani penyakit pilek hanya dengan istirahat yang memadai, makanan bergizi, minum air putih dan terapi sentuhan (di leher, punggung, dan dada), penyembuhan alami pilek bisa terjadi. Namun, terapi sentuhan hanya efektif pada saat anak baru bersin-bersin. Jika dalam dua hari tak ada perubahan, bawa ia ke dokter. Dokter akan menangani penyakit pilek dengan tepat dan aman.