Usia Satu Tahun Harus Sudah Bisa Berjalan?

By Ipoel , Selasa, 29 April 2014 | 04:19 WIB
Usia Satu Tahun Harus Sudah Bisa Berjalan? (Ipoel )

TabloidNakita.com - Benarkah di usia satu tahun anak sudah harus bisa berjalan? Ternyata, tidak juga. Kemampuan anak berbeda-beda. Ada anak yang sudah bisa berjalan di usia 1 tahun, tapi ada juga yang lebih. Kemampuan berjalan anak bisa ditunggu sampai usianya 18 bulan atau 1,5 tahun. Bila di atas usia 1,5 tahun, anak belum bisa berjalan juga, maka sebaiknya diperiksakan ke dokter anak, sehingga dapat diketahui penyebab anak belum bisa berjalan.Meski begitu, secara umum alias , anak usia 1 tahun harusnya mampu belajar berjalan beberapa saat tanpa bantuan.  Pada usia 12-18 bulan kemampuan yang harus dikuasainya adalah berdiri tanpa bantuan, berjalan dengan merambat ke perabotan di rumah, berjalan 2 atau 3 langkah tanpa bantuan, berjalan 10-20 menit tanpa bantuan.

Berikut beberapa stimulasi saat anak belajar berjalan: 

-         Izinkan anak untuk bereksplorasi ke segala penjuru rumah. Contoh,  saat anak mulai merangkak dan merambat, kurangi penggunaan kata “jangan” agar tak menghalangi geraknya. Dengan begitu, anak tergerak untuk belajar berjalan.

-         Usahakan melepas anak dari gendongan sesering mungkin, sehingga otot kakinya lebih lincah bergerak untuk berjalan.

-          Ajak anak bermain untuk menstimulasi motoriknya, semisal mengambil bola yang dilempar, mendengarkan lagu sambil melompat-lompat, dan sebagainya.

-          Ajak anak berjalan-jalan sore atau pagi. Bila kemampuannya masih sangat kurang, orangtua bisa melakukannya sambil menatih anak.

-          Sediakan tongkat berputar yang bertumpu pada satu poros. Dengan berpegangan pada bilah yang melintang, secara tak langsung anak berlatih berjalan saat mendorong bambu tersebut. Atau bisa juga dengan menyediakan hang bar seperti yang ada di pusat-pusat terapi. Intinya ada satu benda kokoh yang digunakan untuk berpegangan saat keseimbangannya masih labil.

-         Singkirkan benda pecah belah/pajangan kaca dari atas meja/jangkauan anak. Dengan begitu, belajar berjalan dapat dilakukan dengan aman. 

-          Jangan gunakan taplak yang menjuntai ke lantai, karena bisa membuatnya tersandung saat belajar berjalan. Apalagi saat berjalannya belum mantap.