Kenali Tanda Awal Anak Autis

By Ipoel , Kamis, 10 April 2014 | 04:00 WIB
Kenali Tanda Awal Anak Autis (Ipoel )

TabloidNakita.com - Dengan mengetahui tanda-tanda anak autis, kita dapat mendeteksi secara dini, sekaligus melakukan intervensi lebih cepat. Seperti dikutip dari Boldsky, orangtua harus memerhatikan interaksi sosial, komunikasi, dan kebiasaan bermain anak saat usia mencapai 14, 18, 24, 30, atau 36 bulan.  tentunya, di usia sedini itu, tanda-tanda autisme mungkin agak sulit  diidentifikasi. Nah, berikut ciri-ciri anak autis: 1. Tak pernah senyum

Waspadai bila bayi tak pernah tersenyum atau merespons interaksi dari orangtua, terutama ibu. Gejala tak pernah senyum ini perlu diperhatikan hingga usianya enam bulan atau lebih. Jika gejala ini terus terjadi, kemungkinan autisme makin besar.

2. Tak merespons suara Jika bayi terlihat seperti berada di dunia lain, tidak merespon suara atau aktivitas orangtua, kemungkinan besar mengalami autisme. Sebaiknya segera berkonsultasi pada ahli.

3. Tak mengucapkan sepatah kata pun hingga usia 16 bulan

Masih dikatakan wajar dan normal bila anak mengalami keterlambatan bicara. Masalah ini bisa diatasi dengan stimulasi. Akan tetapi bila ia tak kunjung mengucapkan sepatah kata hingga usia 16 bulan kemungkinan autism.

4. Kemampuan sosial yang buruk Masa balita adalah merupakan masa di mana anak mempelajari segala hal melalui interaksi sosial. Tetapi jika anak tak kunjung mengembangkan kemampuan interaksi sosial, besar kemungkinan ia mengalami autisme. 5. Aktivitas yang menyimpang Balita dengan autisme biasanya menunjukkan ketidakteraturan dalam aktivitas. Mereka tidak mampu mengikuti sikap tubuh orangtua, tidak dapat memahami cara memainkan mainan tertent dan tidak merespons terhadap rangsangan audio dan visual.

       Namun, tanda anak autis di atas bukan jaminan karena bisa saja dialami anak normal. Untuk itu, pemeriksaan ahli untuk menegakkan autisme tetap menjadi hal utama.