Kapan Anak Mengerti Kata "Tidak"

By Ipoel , Sabtu, 26 Oktober 2013 | 08:00 WIB
Kapan Anak Mengerti Kata (Ipoel )

Bagaimana perkembangan sosial anak usia 1- 3 tahun lainnya.Berikut penjelasannya:

• 12—15 Bulan

Anak dapat terlibat dengan kegiatan bersama anak-anak lain, mengucapkan terima kasih, mau mengulurkan tangan untuk bersalaman saat diminta, ikut bersuara di tengah percakapan orang lain, meminta sesuatu dengan satu-dua patah kata, dan menghentikan kegiatannya saat mendengar kata “tidak”.

• 15—18 Bulan

Menunjukkan rasa sayang pada orang lain dengan cara memeluk dan mencium. Mau menyebutkan nama saat diminta. Ingin “membantu” pekerjaan rumah dengan ikut “heboh” saat orangtua/orang dewasa mengerjakan sesuatu. Menunjukkan perhatian pada binatang kesayangan dengan mengelus-elus/bermain bersama.

• 18—24 Bulan

Ingin berteman dengan anak lain, turut serta dalam berbagai permainan yang ada. Kadang kala ia masih terlihat seperti memukul/menarik temannya, sebenarnya ia tidak bermaksud demikian. Karena kemampuan verbalnya belum sempurna, itu merupakan salah satu bentuk komunikasinya. Ajarkan bagaimana seharusnya berteman, seperti memanggil nama temannya, bukan dengan memukul/menarik kalau ingin bermain bersama.

• 2—3 Tahun

Meski masih egosentris, batita mulai bisa diajarkan berbagi dengan orang lain. Terus dorong untuk mau bermain dengan teman-temannya. Ia mulai bisa menunjukkan persahabatan dengan orang dewasa/anak sebaya. Batita juga mulai bisa menunjukkan simpati pada orang yang terlihat bersedih.