Mengenal Hepatitis A Pada Anak

By Ipoel , Senin, 14 Desember 2015 | 04:10 WIB
Mengenal Hepatitis A Pada Anak (Ipoel )

 Tabloid-Nakita.com-  Hepatitis A termasuk jenis yang paling sering ditemui pada anak. Penularan hepatitis A pada anak terjadi lewat makanan dan minuman yang tercemar virus hepatitis A. Masa inkubasi (masuknya virus  hepatitis A ke dalam tubuh hingga menimbulkan gejala penyakit) memakan waktu sekitar 28 hari.

Hepatitis A menyebabkan gejala akut, seperti demam, badan lemas, pusing, mual, muntah, bola mata atau kulit tampak kuning, perut sebelah kanan atas terasa sakit, warna urine seperti air teh, dan anak tak nafsu makan. Gejala-gejala ini sebenarnya bukan akibat langsung dari si virus yang menyerang melainkan akibat respons imun tubuh untuk mengeluarkan virus yang ada pada sel hati yang dapat merusak dan menghancurkannya. Jadi, bisa dikatakan, munculnya gejala penyakit  tersebut pertanda respons imun tubuh bekerja dengan baik. Khusus pada bayi dan anak di bawah usia 5 tahun, respons imun tubuhnya belum begitu bagus sehingga gejala dari penyakit itu agak samar dan tidak mencolok. Bahkan, sering kali tidak tampak menimbulkan gejala penyakit.

Baca : Mengenal hepatitis C alias sakit kuning

Penyakit hepatitis A tergolong akut sehingga tidak sampai mengalami proses yang berkelanjutan. Virus umumnya dapat dikeluarkan dengan sempurna oleh respons imun anak. Namun, pada sebagian kecil penderita—bila respons tubuhnya lemah sementara virus yang menyerang ganas— hepatitis A dapat berubah menjadi hepatitis yang fulminant (hepatitis sangat- berat), dengan gejala keadaan anak terlihat sangat kuning, kesadarannya menurun dan bisa timbul kejang.

 Baca : Mengenal Hepatitis B pada anak

Pencegahan Hepatitis A pada anak :

* Menjaga kebersihan dan sanitasi lingkungan di sekitar rumah.

* Tidak membiasakan anak jajan sembarangan.

* Tidak membiarkan anak menggunakan peralatan sikat gigi, sisir, handuk, gunting kuku secara bersama-sama dengan orang lain.

* Berikan vaksinasi hepatitis A setelah anak berusia 2 tahun. Diulang lagi setelah 6 bulan sampai 12 bulan berikutnya. Teorinya, pemberian satu kali belum bertahan cukup lama dibandingkan pemberian 2 kali yang bisa bertahan hingga 20 tahun.

* Hati-hati memberikan obat-obatan kepada anak. Konsultasikan pada dokter dan tanyakan efek samping setiap obat yang diresepkan untuk anak.

* Masak makanan hingga matang agar tidak terkontaminasi virus hepatitis A.

 Baca : Saat marah, jangan ungkapkan kalimat ini pada anak

Pengobatan Hepatitis A pada anak:

* Dengan pemberian obat-obatan simtomatik (obat untuk menghilangkan gejala penyakitnya). Tidak ada obat-obatan yang khusus dapat membasmi virusnya. Tingkatkan daya tahan tubuh anak dengan banyak istirahat dan makan makanan bergizi.

* Kondisi penyakit yang  cukup berat umumnya perlu diobservasi, karena Setelah sembuh, anak yang pernah terkena hepatitis A bisa kambuh dan terkena kembali dalam waktu tidak terlalu lama (relaps).

* Saran untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang manis tidak sepenuhnya benar karena itu bukan merupakan cara penyembuhan penyakitnya. Jadi, konsumsilah makanan manis secara normal saja.