Batita Suka Tantangan

By Ipoel , Rabu, 17 April 2013 | 03:00 WIB
Batita Suka Tantangan (Ipoel )

Si batita suka tantangan. Jangan langsung menyalahkan. Selain kekhawatiran akan terjadinya cedera, sebetulnya ada beragam manfaat yang bisa dipetik si kecil dengan kegiatannya yang ekstrem ini, di antaranya:

* Kaya pengalaman dan selalu tertantang

Si batita yang selalu bereksplorasi dengan polah ekstremnya ini secara otomatis membuatnya kaya pengalaman, selain juga menjadi selalu tertantang mencoba hal-hal baru yang menarik dan belum pernah dilakukan. Sikapnya ini kelak membuat ia selalu aktif dan tidak peragu dalam melakukan sesuatu.

* Menumbuhkan percaya diri

Anak yang doyan bereksplorasi dapat menumbuhkan rasa percaya dirinya. Kenapa? Karena ia merasa apa yang hendak dilakukannya berhasil dikerjakan dengan baik, sekalipun aktivitasnya itu tergolong berisiko. Apalagi didukung atau dimotivasi oleh orangtua bahwa kegiatannya itu tetap positif dan mendapat apresiasi atas keberhasilannya, misalnya mencoba memanjat-manjat pagar meski tak berhasil ia tak dimatikan keinginannya atau rasa penasarannya.

* Mengasah keseimbangan motorik

Batita yang suka bereksplorasi bahkan ekstrem ini dapat mengasah keseimbangan motorik kasar. Pasalnya, ia dituntut untuk mencoba melakukan gerakan-gerakan yang kompleks, sehingga kestabilan gerak motornya akan lebih terlatih. Gerakan motorik anak akan semakin terlatih karena untuk dapat melakukan gerakan memanjat atau koprol, misalnya, dibutuhkan koordinasi gerak seluruh tubuh, dari kaki hingga kepala.

* Perkembangan otot makin baik/kuat

Perkembangan ototnya pun akan lebih baik ketimbang anak yang selalu dilarang bereksplorasi. Otot-otot gerak yang digunakan lebih aktif, mulai otot tangan, kaki, serta otot gerak lainnya. Alhasil, otot-ototnya tumbuh lebih kuat.