3 Penyebab Kenapa Anak Suka Bertanya Salah Satunya Perkembangan Nalar

By Ipoel , Kamis, 21 Februari 2013 | 04:00 WIB
Penyebab kenapa anak banyak bertanya salah satunya karena perkembangan nalarnya yang cepat. (Pixabay/finelightarts)

Nakita.id - Orangtua sering merasa kewalahan saat anak suka banyak bertanya. Sebenarnya apa alasan kenapa anak suka bertanya bisa dilihat dari beberapa hal.

1. Kemampuan berbahasa

usia batita mencatat perkembangan yang luar biasa. Suatu hasil penelitian yang dilansir dari What To Expect, di usia batita, dalam satu hari anak bisa menghasilkan hingga 12 ribu kata.

Dengan catatan, kemampuan berbahasa pada setiap anak tentunya berbeda karena berbagai macam faktor.

Kemampuan berbahasa batita sudah berkembang dari yang tadinya sebatas private speech atau berbicara sendiri yang tak dipahami menjadi sosial speech atau tuturan yang ditujukan kepada orang lain.

Baca Juga: Perkembangan Bahasa Anak, 4 Penggunaan Parentese Saat Orangtua Berbicara dengan Anak Balita

“Anak-anak biasanya mulai bertanya ‘mengapa’ sekitar usia 2 tahun,” kata Dr. Iman Sharif, dokter dan profesor di The Children’s Hospital, Montefiore, Bronx, New York seperti dikutip dari surat kabar New York Times.

Pada usia ini, kata Sharif, kemampuan bahasa anak telah berkembang dengan pesat dan mereka penuh dengan ide-ide untuk mengekspresikan kata-kata yang telah mereka pelajari.

Ditambah lagi, “Anak-anak pada usia ini secara alami bersifat egosentris, dunia benar-benar berputar di sekitar mereka. Mereka menginginkan apa pun di atas kendali mereka,” kata Sharif lagi.