5 Manfaat Kartu Kredit yang Belum Mama Tahu

By Ipoel , Senin, 31 Agustus 2015 | 09:28 WIB
5 Manfaat Kartu Kredit yang Belum Mama Tahu (Ipoel )

Tabloid-Nakita.com -  Kartu kredit mengalami perkembangan yang luar biasa dalam lima tahun terakhir ini, hal ini dibuktikan dengan semakin banyaknya kartu kredit untuk berbagai keperluan, termasuk untuk bisnis. Bahkan, ada beberapa orang yang memiliki lebih dari dua jenis kartu kredit untuk berbagai keperluan.

 

Praktis! Demikian ungkapan banyak orang yang menggunakan kartu kredit untuk keperluannya sehari-hari.  Hanya dengan membawa kartu plastik berukuran panjang 8,5 cm dan lebar 5,4 cm di dompet yang berlogo Visa atau MasterCard, maka dengan mudah kita bisa membayar berbagai pengeluaran dengan cara mengeseknya di mesin khusus yang tersedia di kasir.

 

Kemudahan dan kepraktisan ini didukung penuh dengan semakin banyaknya merchant-merchant yang bekerja sama dengan pihak penerbit kartu kredit, bahkan untuk menarik minat para pengguna kartu kredit tidak jarang merchant menawarkan berbagai macam promo kartu kredit.  Tidak hanya itu, pusat-pusat perbelanjaan besar pun tidak luput dalam euphoria ini dengan menyediakan alat gesek khusus untuk kartu kredit di setiap kasir-nya.  Pendek kata, pihak penerbit kartu kredit benar-benar memanjakan para penggunanya dengan berbagai fasilitas.  Tidak heran jika pada akhir tahun 2010, jumlah kartu kredit yang beredar di Indonesia mencapai sekitar 14,15 juta kartu kredit dengan nilai transaksi kurang lebih Rp157,48 triliun.

 

Para ibu rumah tangga pun kini tidak luput dari euphoria penggunaan kartu kredit ini, bahkan jumlah pengguna kartu kredit di kalangan ibu rumah tangga pun mengalami peningkatan yang signifikan.  Hal ini tidak lepas dari kegunaannya yang dipandang sangat bermanfaat bagi sebagian besar aktivitas ibu rumah tangga di era sekarang ini.  Berikut beberapa manfaat kartu kredit untuk ibu rumah tangga seiring dengan perkembangan zaman.

 

1. Tidak perlu repot membawa uang tunai.

Kartu kredit bisa dibilang sebagai alat ganti pembayaran, sehingga kita tidak perlu repot membawa uang tunai atau uang cash jika ingin bepergian atau sekadar untuk berbelanja berbagai keperluan.  Saat ini, banyak pusat perbelanjaan, supermarket, bahkan minimarket yang menyediakan alat gesek untuk pembayaran dengan kartu kredit.  Sehingga lebih praktis dan tentu saja lebih aman bagi ibu rumah tangga.

 

2. Membantu memudahkan pembayaran sejumlah tagihan rumah tangga setiap bulan.

Setiap awal bulan, kita pasti disibukkan dengan membayar sejumlah tagihan-tagihan rumah tangga, seperti listrik, tagihan telepon, handphone, PAM, uang sekolah anak, dan berbagai tagihan lainnya.  Dengan bantuan fasilitas yang disediakan pihak bank penerbit kartu kredit, kita bisa membayar aneka tagihan tersebut tanpa harus ribet.  Namun untuk menggunakan fasilitas ini, kita harus terlebih dahulu mengajukan aplikasi kepada pihak penerbit kartu kredit dan tidak semua kartu kredit menyediakan fasilitas tersebut secara lengkap.

 

3. Sebagai cadangan dalam kondisi darurat pada saat-saat tertentu.

Satu hal yang tidak dapat dipungkiri bahwa manfaat kartu kredit lainnya adalah sangat membantu jika sewaktu-waktu kita berada dalam kondisi darurat, seperti tiba-tiba ada anggota keluarga yang sakit dan harus di rawat di rumah sakit, kartu kredit bisa digunakan sebagai alat untuk membayar uang muka tanpa harus repot pergi ke ATM atau pulang ke rumah untuk mengambil uang tunai.

 

4. Memudahkan mengelola keuangan untuk ibu rumah tangga yang berbisnis.

Seiring dengan kemajuan perangkat teknologi, semakin banyak ibu rumah tangga yang memiliki bisnis sampingan dari rumah.  Untuk keperluan ini, penggunaan kartu kredit memberikan kesempatan bagi ibu rumah tangga untuk memisahkan keuangan pribadi dengan bisnis dengan membuat kartu kredit khusus untuk menunjang performance bisnis rumahan Anda.  Selain itu, ada beberapa penerbit kartu kredit yang telah meluncurkan kartu kredit khusus bisnis di mana Anda bisa mendapatkan sejumlah fasilitas, diantaranya bisa digunakan untuk tambahan modal yang dapat di cicil dalam jangka waktu tertentu.

 

5. Banyak bonus dan reward tambahan yang bisa dimanfaatkan.

Untuk periode tertentu biasanya kartu kredit memberikan reward dan bonus bagi pengguna kartu kreditnya yang aktif.  Reward atau bonus tersebut bisa berupa poin yang dalam jumlah tertentu bisa ditukarkan dengan aneka macam hadiah, voucher belanja, dan lain-lain.  Selain itu, reward bisa berupa fasilitas bebas uang iuran tahunan jika penggunaan kartu kredit dalam jumlah tertentu.  Meskipun terlihat sepele dan nominalnya tidak terlalu besar, namun reward atau bonus ini bisa membantu menghemat pengeluaran kita.

 

Bijaksanalah Dalam Menggunakan Kartu Kredit

Jadi, mengapa ragu memanfaatkan kartu kredit untuk menunjang aktivitas ibu rumah tangga.  Asalkan Anda bijaksana dalam menggunakannya dan tertib dalam melakukan pembayaran tagihan setiap bulan, maka ada banyak manfaat positif yang bisa Anda terima.  Kartu kredit memang merupakan bagian dari gaya hidup, namun pastikan bahwa gaya hidup itu tidak akan merugikan finansial Anda dalam jangka panjang dan sebaliknya justru memberi manfaat positif untuk memudahkan dan membantu pekerjaan ibu rumah tangga. Sudah siap mencari kartu kredit terbaik untuk anda? Situs pembanding produk keuangan cermati.com bisa membantu anda untuk mengupas lebih lanjut dari manfaat kartu kredit.